CONTOH RENCANA PENGEMBANGAN
SEKOLAH:
Dasar
pembuatan:
- UUSP
- UU No. 14 2005
- PP no 19 tahun 2005 tentang SNP
- Pedoman SSN
- Buku MBS, khususnya bagian 2
- Pedoman Penggunaan dana
- Kalender pendidikan
- dll yang relevan, misalnya yayasan, ad/art, dest
- ………
Sistematika
penyusunan:
RENCANA STRATEGIS (5 TAHUN):
- VISI
Rambu-rambu:
-
memiliki indikator keunggulan prestasi akademik dan non
akademik
-
berkepribadian, nasionalisme, budaya
---nasional/Indonesia
-
perkembangan era global
-
perkembangan IPTEK
-
dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan
-
dan sebagainya: sesuai konteks daerah, sekolah, visi
yayasan
Redaksi, kriteria:
-
belum operasional
-
menggambarkan masa depan
-
general, gambaran idealnya
-
dsb
--- contoh:
- Unggul dalam kelembagaan dan prestasi dilandasi iman dan taqwa
- Berprestasi, berbudaya, ………berdasarkan iman dan taqwa
- Unggul dalam standar nasional pendidikan berdasarkan iman dan taqwa
- The Best----- “belum bisa dipakai”
- Taman Budaya (Berprestasi Beriman Berbudi Berbudaya dan Dapat Dipercaya
- Berprestasi Disertai Iman dan Taqwa
- Taksimantra (Bertaqwa Berprestasi Beriman dan Terampil)
- (Mengukir) Berprestasi tinggi, piawai mengasah budi pekerti
- …………dsb
INDIKATOR-INDIKATOR
VISI: (Ingat 8 SNP SEBAGAI SALAH SATU PERTIMBANGAN DALAM MENUNJUKKAN
CIRI/INDIKATOR VISI)
Indikator:
ciri, tanda, unsur yang ada, spesifikasi, dsb
Redaksi:
rambu-rambu:
-
Wangune
(sebaiknya) kata unggul
-
ada
proses kenaikan
-
adanya
perbandingan
-
konotasi
sempurna
-
canggih
-
komplit
-
bermutu
-
dsb
1.
Tumbuhnya/Unggul/Tangguh/Berprestasi/Meningkatnya/Terwujudnya…………..
Contoh:
Pembelajaran
bermutu
Berakhlaq
mulia
Dipercaya
…………
2.
Unggul dalam pengembangan kurikulum
3. Unggul dalam proses pembelajaran
4. Unggul dalam kelulusan
5. Unggul dalam sarana prasarana
pendidikan
6. Unggul dalam media
pembelajaran
7. Unggul dalam SDM pendidikan
8. Unggul dalam kelembagaan
sekolah
9. Unggul dalam manajemen
sekolah
10. Unggul dalam penggalangan pembiayaan
pendidikan
11. Unggul dalam prestasi
akademik
12. Unggul dalam prestasi non
akademik
13. Unggul dalam IMTAQ
14. ……………….
- MISI (mengacu pada indikator, 1 indikator bisa lebih dari satu misi, ada benang merahnya dengan misi, redaksinya operasional, terukur, kata kerja, dll)
Mengacu
indikator no 1 tentang: “Unggul dalam pengembangan kurikulum”
Antara
lain misinya:
- Melaksanakan pengembangan KSP
- Melaksanakan pengembangan perangkat pembelajaran silabus
- Melaksanakan pengembangan sistem penilaian
- Melaksanakan pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran
- Melaksanakan diversifikasi kurikulum pendidikan
- Melaksanakan pengembangan kurikulum muatan lokal
- .......................
- Melakukan inovasi dalam ..............
- Mengadakan.....................
- Melaksanakan pengembangan keorganisasian sekolah (organisasi, sarpras, fasilitas, pembiayaan,............ )
- Melaksanakan pengembangan fasilitas (aspek teknis teknologi) pendidikan
- Melaksanakan pengembangan pembiayaan pendidikan
- Melaksanakan pengembangan SDM pendidikan
- Melaksanakan pengembangan…………..
- Melaksanakan pengembangan manajemen (pengelolaan: SDM, pembelajaran, sarpras, penilaian, kesiswaan, kurikulum, administrasi, pembiayaan, pemasaran, dsb) sekolah
- Melaksanakan pengembangan otonomi sekolah (kemandirian, penggalangan partisipasi dan kerjasama stakeholder, dll)
- Melaksanakan pengembangan ………………………..
- Melaksanakan pengembangan metode pembelajaran (proses) di sekolah
- Melaksanakan pengembangan strategi pembelajaran
- Melaksanakan pengembangan …………………..
- Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang olah raga
- Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang wiyata mandala
- Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang kesehatan sekolah
- Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang kesenian
- Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang pramuka
- Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang KIR
- Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang agama
- Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang keterampilan
- Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang kerajinan
- Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang tata krama
- Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang ………………..
- TUJUAN (Ingat: dibuat untuk jangka waktu 5 tahun, tiap misi bisa dibuat lebih dari satu tujuan, mengandung ABCD?)
Dalam
kurun waktu empat tahun kedepan, tujuan yang akan dicapai oleh sekolah antara
lain:
MASING-MASING
CONTOH DI BAWAH INI DIBUAT LEBIH RINCI SESUAI MISI YANG AKAN DIJABARKAN:
1.
Menjadikan sekolah bertaraf SMP formal mandiri, bertaraf
internasional, .............
Khusus untuk indikator no 1 dan dicapai dengan misi no
a-f tentang pengembangan KBK, tujuannya antara lain:
2.
Sekolah mengembangkan silbus untuk kelas 7-9 semua mata pelajaran tahun
2007 (ini bisa lebih rinci lagi)
3.
Sekolah mengembangkan pemetaan SK, KD, Indikator, aspek untuk kelas 7-9
semua mapel pada tahun 2006
4.
Sekolah mengembangkan RPP untuk kelas 7-9 semua mata pelajaran
5.
.................
6.
Sekolah memiliki/mencapai standar isi (kurikulum satuan
pendidikan/KBK, meliputi: tercapai / telah dibuat kurikulum satuan, silabus
lengkap, model/sistem penilaian lengkap, RPP lengkap, dll--à ini bisa dijabarkan lebih rinci)
7.
Sekolah memiliki/mencapai standar proses pembelajaran
meliputi: tercapai/telah dibuat/ditetapkan sekolah melaksanakan pembelajaran
dengan strategi/metode: CTL, pendekatan belajar tuntas, pendekatan pembelajaran
individual, dll
8.
Sekolah memiliki/mencapai standar pendidik dan tenaga
kependidikan meliputi: semua guru berkualifikasi minimal S1, telah mengikuti
PTBK, semua mengajar sesuai bidangnya, dll
9.
Sekolah memiliki/mencapai standar sarpras/fasilitas
sekolah meliputi: semua srapras, fasilitas, peralatan, dan perawatan memenuhi
SPM
10.
Sekolah memiliki/mencapai standar pengelolaan sekolah
meliputi: pencapaian standar pengelolaan : pembelajaran, kurikulum, sarpras, SDM,
kesiswaan, administrasi, dll
11.
Sekolah memiliki/mencapai standar pencapaian ketuntasan
kompetensi/prestasi/kelulusan...
12.
- PROGRAM STRATEGIS: (dibuat program-program yang pokok atau dominan saja, diprioritaskan?, layak dilaksanakan, realisasi darii tujuan.............., bahwa harus mengacu kepada sebelumnya tentang tujuan, penajaman tujuan, misi, indikator):
Contoh:
Diambil dari indikator visi atau dari misi atau dari
tujuan sebelumnya, misalnya ”Pengembangan KBK”, maka program sbb:
- Pengembangan silabus
- Pengembangan RPP
- Pengembangan pemetaan
- Pengembangan sistem penilaian
- Pengembangan ....................
- Pengembangan kurikulum satuan pendidikan
- Pengembangan KBK
- Pengembangan proses pembelajaran
- Pengembangan dan peningkatan SDM pendidikan
- Pengembangan sarana, prasarana, dan media pendidikan
- Pengembangan manajemen sekolah
- Pengembangan pencapaian standar kelulusan maksimal
- Pengembangan kelembagaan
- Pengembangan kegiatan lomba-lomba akademik dan non akademik
- Pengembangan ..................
- STRATEGI PELAKSANAAN/PENCAPAIAN (adalah merupakan cara, teknik, seni, metode dll dalam pelaksanakan program-program strategis):
- Pengembangan KSP: menjalin kerjasama dengan Komite Sekolah dan stakeholder lain melaksanakan...............kunjungan, workshop, lokakarya, seminar, IHT, dll..................untuk menghasilkan KSP
- Pengembangan kurikulum: menjalin kerjasama dan mengoptimasikan warga sekolah dalam membuat pemetaan SK,KD,dll; membuat silabus, membuat RPP, membuat model-model penilaian, dll..........melalui workshop, IHT, dll untuk menghasilkan domkumen kurikulum sekolah.
- Pengembangan srapras dan media pembelajaran: menjalin kerjasama dengan pihak lain dan mengoptimasikan SDM sekolah untuk ........................ dalam rangka memenuhi standar sarpras dan media pembelajaran sekolah;
- ..............................
- Kelembagaan: Menjalin kerjasama...., melengkapi ......, melaksanakan penataran....., membuat jaringan ...., menambah ......,
- Manajemen: Menjalin kerjasama...., melengkapi ......, melaksanakan penataran....., membuat jaringan ...., menambah ......,
- ................
- HASIL YANG DIHARAPKAN: (merupakan hasil-hasil baik kuantitas maupun kualitas dari program-program strategis yang direncanakan, yang tetap mengacu kepada SNP):
Catatan:
Bisa langsung menunjuk apa, kapan, tingkatan
- Menjadi SMP Formal Mandiri
- Tercapainya kelulusan sesuai SNP
- Tersedianya KSP
- Terpenuhinya kurikulum sekolah sesuai SNP tahun 2010
i.
PEMETAAN sk,kd,aspek,indikator
ii.
SILABUS untuk semua mapel dari kelas 7-9
iii.
SISTEM PENILAIAN untuk semua mapel dari kelas 7-9
iv.
RPP untuk semua mapel dari kelas 7-9
v.
DLL..............UNTUK KELAS 7-9
Ingat: hasil ini diupayakan selalu memperhatikan apanya,
kapan tercapai, dan dalam pelaksanaan pencapaian dibuat pentahapan.
- Terpenuhinya sarpras dan media pendidikan sesuai SNP
- Terpenuhinya tenaga pendidik dan kependidikan sesuai SNP
- Terpenuhinya pengelolaan pendidikan sesuai SNP
- Terpenuhinya estándar kelulusan sesuai SNP
- ……………dst
G.
PEMBIAYAAN:
a.
Pembiayaan untuk 4 tahun, tiap tahunnya dapat dibuat rinci
dari berbagai sumber atau langsung perkiraan totalnya dari berbagai sumber.
Ingat bahwa dana SSN hanyalah salah satu sumber dana saja, diasumsikan per
tahun dapat bantuan 100 juta dari SSN)
b.
Pada kolom program, tinggal memasukkan program – program
strategis yang telah dibuat sebelumnya
c.
Bisa dibuat tabulasi atau deskriptif
Program( dimasukan dr program strategis)
|
Tahun
untuk selama empat tahun
|
|||
1 (2005/2006)
|
2
|
........ 4
|
Jumlah
|
|
|
..... 3 m
..................... bisa dibuat rincian/kolom lagi
sesuai jumlah sumber dana yang ada. Satu program bisa dibiayai lebih dari
satu sumber dana.
KS 500, rutin 1m, ssn 100, bos 200, dll 200 total 2 M
2 M (rkb, ......
|
Dasarnya : thn I, asumsi, perkiraan, dst; manakala
program th 1 rampung d tidak perlu lagi, maka th 2 tidak dibiayai.
4 M (rehab,.....
|
5 M (isinya......
|
...........
|
2. ........
|
||||
20. MONEV (supev.
KBK, evaluasi kinerja sekolah, guru, dll)
|
||||
Jumlah
|
.........................
|
3,2 m.........
|
..............................
|
..............................
|
- MONEV : (merupakan rencana strategis selama empat tahun oleh sekolah untuk melaksanakan MONEV di sekolahnya).
- Substansi yang dimonev al: kinerja guru, TU, kinerja sekolah, dan sumber daya sekolah lainnya, termasuk kesiswaan
- Dilakukan oleh kepala sekolah atau tim yang dibentuk sekolah
- Penting untuk membuat atau mengadopsi instrumen monev di buku 3 MBS contoh instrumen
- Bisa melakukan kerjasama dengan pihak lain
Ingat Jenis monitoring:
-
Supervisi klinis KBK PERBAIKAN
PROSES
-
Supervisi klinis lainnya
-
.....
Evaluasi:
-
Kinerja sekolah
-
Kinerja guru
-
Kinerja karyawan/laboran AKREDITASI
SEKOLAH
-
Kepala sekolah
-
...............
Dit PLP:
- Sudah ada standar kompetensi Kepala sekolah SMPà 26 SK
- Sudah ada instrumen Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah
SELAMA 4 TAHUN DIPEROGRAMKAN:
Setiap tahunnya:
- Melaksanakan supervisi klinis KBK (membuat instrumen, memvalidasi, melaksanakan, menganalisis, membuat laporan, tindak lanutnya)
- Melaksanakan supervisi klinis lainnya
- Melaksanakan evaluasi kinerja sekolah (internal)-à akhir tahun (memnetukan tim, membuat instrumen, memvalidasi, melaksanakan, menganalisis, membuat laporan, tindak lanutnya, isinya yang dievaluasi: 8 SNP, CIPPOO)
- Melaksanakan supervisi klinis lainnya
RENOP: 1
TAHUN 2005/2006
Ingat:
- Dalam PP disebut rencana kerja satu tahun
- Dilampiri dengan dokumen-dokumen yang wajib dan sunat
- Format mengacu kebijakan Dit.PLP dan isi memperhatikan PP no 19 th 2005
- Bagi sekolah SSN direkomendasikan menggunakan anasis SWOT
- Renop mengambil satu tahun dari renstra
- Renop dibuat TIAP TAHUN, BUKAN EMPAT TAHUN SEKALIGUS
- ....................
LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN:
A.
TUJUAN SITUASIONAL/SASARAN (INGAT TUJUAN DI REN STRA)
Ingat :
a.
tujuan yang ada pada RENSTRA
b.
ada skala prioritas dari empat tahun yang ada, yang
penting dalam tahun terakhir dihasilkan yang ”sempurna”
c.
dibuat lebih rinci dari tujuan renstra
Misalnya dari tujuan
renstra:
1.
Sekolah mengembangkan silbus untuk kelas 7-9 semua mata pelajaran tahun
2007 (ini bisa lebih rinci lagi)
2.
Sekolah mengembangkan pemetaan SK, KD, Indikator, aspek untuk kelas 7-9
semua mapel pada tahun 2006
3.
Sekolah mengembangkan RPP untuk kelas 7-9 semua mata pelajaran
Maka sasarannya 1 tahun:
(Standar isi)
a.
Sekolah mengembangkan silbus untuk kelas 7
semua mata pelajaran tahun 2005/2006 (ini bisa lebih rinci lagi untuk
jumlah mapelnya)
b.
Sekolah mengembangkan silbus untuk kelas 8 semua mata pelajaran tahun 2006/7
(ini bisa lebih rinci lagi untuk jumlah mapelnya)
c.
Sekolah mengembangkan silbus untuk kelas 9 semua mata pelajaran tahun 2007 (ini
bisa lebih rinci lagi untuk jumlah mapelnya)
a.
Sekolah mengembangkan pemetaan SK, KD, Indikator, aspek untuk kelas 7 semua
mapel pada tahun 2006
b.
Sekolah mengembangkan pemetaan SK, KD, Indikator, aspek untuk kelas 8 semua
mapel pada tahun 2006
c.
Sekolah mengembangkan pemetaan SK, KD, Indikator, aspek untuk kelas 9 semua
mapel pada tahun 2006
d.
Sekolah mengembangkan silbus untuk kelas 8 semua mata pelajaran tahun 2007 (ini
bisa lebih rinci lagi)
e.
4.
Menjadikan sekolah bertaraf SMP formal mandiri, bertaraf
internasional, .............
d.
Isi: membuat KSP, mengembangkan silabus dan sisnil untuk semua mapel, RPP,
e.
Fasilitas .................
f.
Tenaga...............
g.
Proses...............
h.
Pembiayaan............
i.
Pengelolaan...........
j.
Dll
B.
IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI KOMPONEN UNTUK MENCAPAI TIAP SASARAN
Rambu-rambu:
-
hanya untuk tiap sasaran
-
memperhatikan unsur-unsur yang lazim di dalam sistem
pembelajaran
-
unsur-unsur umumnya: PBM, kesiswaan, dana, guru,
manajemen, media, buku, dll (internal); eksternal: dana, pendidik, fasilitas,
dsb
-
1.
Sasaran: Sekolah mengembangkan silabus untuk kelas 7 semua
mapel
a) Komponen yang diperlukan: (internal/eksternal)
Internal:
- Guru,
- Kepala sekolah
- Nara sumber (in/ek)
- Kurikulum (SK,KD)
- Dana
- Fasilitas
- ATK
- Tenaga adm
Eksternal:
- Sarana (komputer, atk, dll)
- Dana (in/ek)
- Waktu ?
- Komite sekolah (ek)
- Dinas pendidikan (ek)
- .......................
2.
Sasaran 100: Sekolah juara 1 renang tingkat kabupaten tahun 2006.
a.
Guru/pelatih
b.
Kolam
c.
Airnya
d.
Siswa
e.
Pakaian
f.
Dana
g.
Waktu
h.
Komite sekolah
i.
Orang tua
j.
Latihan/PBM
k.
Uji coba
l.
............
C.
ANALISIS SWOT:
Ingat:
a.
dilakukan tiap sasaran, ..................dst
b.
yang dianalisis tiap komponen
c. Menentukan kriteria ideal dasarnya: aturan
pemerintah, naskah akademik, aturan umum lainnya yang relevan
c.
Misalnya: Sasaran 1: mengembangkan silabus dan sisnil
untuk semua mapel
Sasaran 100:
...............................................
Catatan:
Komponen/Fungsi
dan Faktornya
|
Kriteria
Kesiapan
(Kondisi
Ideal)
|
Kondisi
Nyata
|
Tingkat
Kesiapan Faktor
|
|||
Terukur,
kuantitas
|
Siap
|
Tidak
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
||
A.
|
Fungsi Proses Belajar
Mengajar (PBM)
|
|||||
A
1.
2
1
2
3.
|
Internal:
Guru:
Kepala
sekolah
Eksternal:
Nara sumber
Dana
Komite
Sekolah
Faktor
Internal :
a. Motivasi belajar siswa
b. Motivasi Guru
c. Keragaman Metode mengajar
d. Keragaman Media Pembelajaran
e. Keragaman Penilaian oleh Guru
f.
Dan seterusnya sesuai
dengan kondisi dan tuntutan
kurikulum/sekolah
|
-
pengalaman ws KBK min. 2 kl
-
Kualifikasi : S1
-
Sesuai bidangnya
-
Penglaman mengajar min 5 th
-
Kompetensi guru: pernah ikut PTBK
-
Jumlah 10
-
PNS
-
Datang tepat
waktu
Menguasai KBK:
-
penataran KBK 3
kl
-
kualifikasi s1
-
sesuai bidang
keahliannya
-
pengalaman min
2 periode
-
pengalaman
diklat cakep
Kriteria:
-
pengalaman ws nasional
KBK 2 kl
-
Jenjang S2
-
Sesuai
biudangnya
-
Jumlah 2
Kriteria:
-
transpor: 1 jt
-
atk: 2 jt
-
kons...
-
Total: 10 jt
· Tinggi, kriterianya:
·
100% datang tepat waktu
·
100% tugas selesai
·
100% tertib di kelas
·
100% disiplin berpakaian rapi
·
tidak ada siswa pulang sebelum waktunya
·
Tugas selesai sebelum waktunya
·
Dan
sebagainya sesuai criteria ideal yang seharusnya
·
Tinggi,
kriterianya:
·
100% datang tepat waktu
·
100% mengajar tepat waktu
·
100% tugas mengajar selesai sesuai rencana
·
Dan
sebagainya sesuai criteria ideal yang seharusnya
· Bervariasi, kriterianya:
·
CTL
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tugas
·
PR
·
Tanya jawab
·
Dan
sebagainya sesuai criteria ideal yang seharusnya
·
Beragam sesuai
tuntutan kompetensi, kriterianya:
·
100% jumlah media terpenuhi
·
Media elektronik
·
Media modeling
·
Media alam sekitar
·
Media praktisi
·
Media benda sebenarnya
·
Media miniature
·
Media wallchart
·
Dan
sebagainya sesuai criteria ideal yang seharusnya
·
Beragam sesuai
tuntutan kompetensi, kriterianya:
·
Penilaian harian
·
Penilaian tugas
·
Penilaian PR
·
Penilaian karya siswa
·
Penilaian penampilan/presentasi siswa
·
Penilaian portofolio
·
Penilaian blok
·
Penilaian sumatif
·
Penilaian kerajinan/kedisiplinan
·
Penilaian perilaku siswa
·
Dan sebagainya sesuai criteria ideal dalam penilaian
|
1kl
80% S1
9% sesuai
100%
25% pernah PTBK
2
GTT
Kurang lengkap?
Tidak menguasai
Tidak pernah penataran
D3
Tidaak sesuai
1 tahun
-
pengalaman ws
nasional KBK 2 kl
-
Jenjang S2
-
Sesuai
biudangnya
-
transpor: 200
rb
-
atk: 100 rb
-
kons...
-
Total: 1 jt
· Tinggi, kriterianya :
· 100% datang
tepat waktu
· 100% tugas
selesai
· 100% tertib
di kelas
· 100%
disiplin berpakaian rapi
· tidak ada
siswa pulang sebelum waktunya
· Tugas
selesai sebelum waktunya
·
Tinggi,
kriterianya:
·
100% datang tepat waktu
·
100% mengajar tepat waktu
·
100% tugas mengajar selesai sesuai rencana
·
dll sesuai kondisi nyata
· Tidak banyak variasi :
·
Ceramah
·
Tanya jawab
· Kurang beragam, kriterianya:
·
50% jumlah media terpenuhi
·
media wallchart
·
media alam sekitar
·
Kurang beragam sesuai tuntutan kompetensi, kriterianya:
·
Penilaian harian
·
Penilaian tugas
·
Penilaian PR
·
Penilaian sumatif
|
V
V
V
V
v
|
Catatan:
V (lemah)
√
√
√
|
|
D.
ALTERNATIF LANGKAH-LANGKAH PEMECAHAN PERSOALAN
Ingat:
a.
hasil
analisis SWOT, cari yang lemah
b.
………….
Misalnya:
1.
Sasaoran 1: Sekolah silabus.........
1.
a. Guru:
- pengalaman penataran KBK kurang
- belum mengikuti PTBK
(Pelatihan nTerintegrasi Berbasis Kompetensi)
- Jumlah kurang
Sasaran 1
|
Persoalan
|
Altaernatif Pemecanahn Persoalan
|
Guru:
|
||
- pengalaman KBK kurang
|
- mengadakan ws KBK
- mengirimkan ws KBK
- magnag di sekolah lain
- IHT di sekolahnya sendiri
- PTK
- mengikutkan guru pada MGMP
|
|
- jumlah guru kurang
|
- mengusulkan PNS
- ngangkat GTT
- minta guru bantu
- memberdayakan guru yang ada
-
|
E.
RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN
Ingat:
a.
................
b.
................
c.
................
- Sasaran 1: Sekolah mengembangkan Silabus untuk kelas 7 semua mapel
Program 1: Meningkatkan
kemampuan guru terhadap KBK
Kegiatan:
Mempertimbangkan: volume, jumlah, waktu, satuan, buah,
durasi waktu............ (SMART, spesific, measurable, achievable, relevan,
time)
-
Sosialisasi KBK, SSN, KSP,
SNP..................
-
Melaksanakan ws KBK di sekolah
-
Mengirimkan guru ke MGMP
-
Mensupervisi/membim,bing
-
Evaluasi ............
-
.................
Program 2: Melaksnakan
workshop pembuatan sialbus dan sisnil
Kegiatan:
-
Menyusun kalender pendidikan
-
Menyusun pemetaan
-
Menmbuat peranngkat pembelajaran (sialbus dan sisnil
seluruh mapel, RPPdll)
-
Membuat Penggandaan hasil
-
Membuat laporan ws
-
...............................
-
Program 3: Melaksanakan Uji
coba dan validasi Silabus
Kegiatan:
- Sinkronisasii/sosialisasi kepada guru tentang silabus dan sisnil
- Sinkronisasii/sosialisasi kepada guru tentang silabus dan sisnil
-
Pelaksanaan uji coba silabus dan sisnil
-
Supervisi
-
Perabikan silabus dan sisnil
-
Penggandaan
-
MenDokumentasikan silabus
Program 4: Melakukan evaluasi pembuatan silabus
- ...
- ...
- ...
Program 5: Melakukan tindak lanjut dari pembuatan silabus
-
..............
-
..............
-
.............
F. RENCANA
ANGGARAN:
1. Lihat formtnya pada halaman 36 dan 38 buku MBS-2
2. Semua sumber dan besarnya dana dimasukkan
3. Dana SSN hanya bersifat pancingan saja, tidak boleh
untuk kebutuhan FISIK bangunan
CONTOH FORMAT RAPBS:
URAIAN
RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN PEMBIAYAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA NEGERI X
TAHUN AJARAN : ………………
No.
|
Rencana program dan kegiatan |
SASARAN
(Volume: orang, org/bulan,
jam, unit, org/jam, buah, paket, unit, rim, lembar, m2, dsb)
|
Sumber dana |
JUM-LAH |
||||
RU-TIN
|
SSN |
BOS |
KOMITE SEKO-LAH
|
LAINNYA |
||||
1
|
2
|
3
|
8
|
5
|
6
|
7
|
8
|
8
|
A
B
C
D
E
F
G
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
H
|
Gaji & Tunjangan
Keperluan Sehari-hari
1. Berkaitan dengan
Operasional Kantor
2. Berkaitan dengan Teknis
Pendidikan
Pemeliharaan
Inventaris
1. Berkaitan dengan
Operasional Kantor
2. Berkaitan dengan Teknis
Pendidikan
Langganan Daya dan Jasa
Pemeliharaan
Gedung, Ruang, dll
Pengadaan Sarana Kantor dan
Pendidikan
Program 1: Meningkatkan
kemampuan guru terhadap KBK
Kegiatan:
-
Sosialisasi KBK, SSN, KSP, SNP..................
-
Melaksanakan ws KBK di sekolah
-
Mengirimkan guru ke MGMP
-
Mensupervisi/membim,bing
-
Evaluasi ............
-
.................
Program 2: Melaksnakan
workshop pembuatan sialbus dan sisnil
Kegiatan:
-
Menyusun kalender pendidikan
-
Menyusun pemetaan
-
Menmbuat peranngkat pembelajaran (sialbus dan sisnil
seluruh mapel, RPPdll)
-
Membuat Penggandaan hasil
-
Membuat laporan ws
-
...............................
-
Program 3: Melaksanakan
Uji coba dan validasi Silabus
Kegiatan:
- Sinkronisasii/sosialisasi kepada guru tentang silabus dan sisnil
-
Pelaksanaan uji coba silabus dan sisnil
-
Supervisi
-
Perabikan silabus dan sisnil
-
Penggandaan
-
MenDokumentasikan silabus
Program 4: Melakukan evaluasi pembuatan silabus
- ...
- ...
- ...
Program 5: Melakukan tindak lanjut dari pembuatan silabus
-
..............
-
..............
-
.............
Pengembangan
silabus dan sisnil:
Program 1: Meningkatkan kemampuan guru terhadap KBK
Kegiatan:
-
Sosialisasi KBK, SSN, KSP, SNP..................
-
Peserta: ....
-
Pembicara
-
Tempat
-
Konsumsi
-
ATK
-
Transport
-
Penggandaan
-
Melaksanakan ws KBK di sekolah
-
Mengirimkan guru ke MGMP
-
Mensupervisi
-
Evaluasi ............
Program
pengadaan media pemebelajaran bahasa Inggris
Peningkatan Mutu Pendidikan :
Pengembangan kurikulum (penjabaran dalam silabus,
satuan pengajaran, system penilaian, lembaran kerja, dll)
Pelaksanaan
Bridging Course
Pelaksanaan
CTL semua Mata pelajaran
Pengembangan
profesionalitas guru
Peningkatan
kompetensi guru
Peningkatan
kompetensi tenaga TU
Peningkatan
dan pengembangan media
Pembelajaran
Implementasi
MBS
Program
inovasi input pendidikan
Program
inovasi pembelajaran
Pelaksanaan
monitoring dan evaluasi oleh sekolah tentang kinerja sekolah
Pelaksanaan
supervisi klinis oleh kepala sekolah
Pelaksanaan
monitoring dan evaluasi oleh kepala sekolah terhadap kinerja guru
Pengembangan
sekolah menuju ketercapaian SPM
Dan
sebagainya : ....................
|
SMART
HONOR
MENGIKUTI ATURAN PEMDA/PEMKOT, TERMASUK PEMBELIAN BARANG MENGGUNAKAN INDEKS
DAERAH
10 VCD—a 1 jt-10 jt
10 CD
10 TV
10 TR
dll...................
|
.............
|
-----
|
----
|
1000
|
||
JUMLAH
|
4 M
|
..................,
.................... 20..........
Komite
Sekolah Kepala
Sekolah
Mengetahui
Kepala Dinas
Pendidikan
Kab/kota (..............................) (..............................)
(..............................)
G. RENCANA MONEV (Ingat sebagai rincian dan implmenetasi
dari monev di renstra, dll)
- Supervisi dilakukan untuk mengetahui dan mengatasi masalah2 proses pelaksanaan KBK;
- Supervisi juga Termasuk masalah gurunya, administrasi, sarana, KBM, dll
- Monev dilakukan pada akhir programà mengetahui ketercapaian tujuan/sasaran, untuk perbaikan/masukan sasaran tahun berikutnya
- Lebih baik tiap sasaran ada evaluasi
- Instrumen, kisi, pedoman penilaian monev bisa dilihat pada buku MBS-3 paling belakang sendiri
- Rincian kegiatan MONEV antara lain:
- Persiapan
- Pengembangan perangkat instrumen
- Pelaksanaan (pengambilan data dan analisis data, pemecahan masalah)
- Pelaporan
H.
JADWAL KEGIATAN
KETENTUAN:
- dibuat per minggu per bulan dalam satu tahun
- dimasukkan semua program yang telah ditulis sebelumnya
- Ingat kalender pendidikan
- Dll
- PENANGGUNG JAWAB
KETENTUAN:
- Bisa tiap program ada penanggungjawabnya
- Demi efisiensi biaya dan tenaga bisa satu sasaran satu penanggung jawab
- Sangat tergantung kemampuan sekolah masing-masing
- Penanggung jawab harus kualified dan kompeten
- Sebaiknya sekolah membentuk TIM SSN (Koordinator/ketua, sekretaris, anggota, dll) dan ada TUPOKSI NYA dengan SK kepala sekolah
”SELAMAT MEMBUAT RPS”