Sabtu, 01 Oktober 2011

CONTOH RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH:

CONTOH RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH:

Dasar pembuatan:
  1. UUSP
  2. UU No. 14 2005
  3. PP no 19 tahun 2005 tentang SNP
  4. Pedoman SSN
  5. Buku MBS, khususnya bagian 2
  6. Pedoman Penggunaan dana
  7. Kalender pendidikan
  8. dll yang relevan, misalnya yayasan, ad/art, dest
  9. ………

Sistematika penyusunan:

RENCANA STRATEGIS (5 TAHUN):

  1. VISI

Rambu-rambu:
-         memiliki indikator keunggulan prestasi akademik dan non akademik
-         berkepribadian, nasionalisme, budaya ---nasional/Indonesia
-         perkembangan era global
-         perkembangan IPTEK
-         dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan
-         dan sebagainya: sesuai konteks daerah, sekolah, visi yayasan

Redaksi, kriteria:
-         belum operasional
-         menggambarkan masa depan
-         general, gambaran idealnya
-         dsb

--- contoh:
    1. Unggul dalam kelembagaan dan prestasi dilandasi iman dan taqwa
    2. Berprestasi, berbudaya, ………berdasarkan iman dan taqwa
    3. Unggul dalam standar nasional pendidikan berdasarkan iman dan taqwa
    4. The Best----- “belum bisa dipakai”
    5. Taman Budaya (Berprestasi Beriman Berbudi Berbudaya dan Dapat Dipercaya
    6. Berprestasi Disertai Iman dan Taqwa
    7. Taksimantra (Bertaqwa Berprestasi Beriman dan Terampil)
    8. (Mengukir)  Berprestasi tinggi, piawai mengasah budi pekerti
    9. …………dsb



INDIKATOR-INDIKATOR VISI: (Ingat 8 SNP SEBAGAI SALAH SATU PERTIMBANGAN DALAM MENUNJUKKAN CIRI/INDIKATOR VISI)

Indikator: ciri, tanda, unsur yang ada, spesifikasi, dsb
Redaksi: rambu-rambu:
-         Wangune (sebaiknya)  kata unggul
-         ada proses kenaikan
-         adanya perbandingan
-         konotasi sempurna
-         canggih
-         komplit
-         bermutu
-         dsb

1.        Tumbuhnya/Unggul/Tangguh/Berprestasi/Meningkatnya/Terwujudnya…………..

Contoh:

Pembelajaran bermutu
Berakhlaq mulia
Dipercaya …………
2.       Unggul dalam pengembangan kurikulum
3.       Unggul dalam proses pembelajaran
4.       Unggul dalam kelulusan
5.       Unggul dalam sarana prasarana pendidikan
6.       Unggul dalam media pembelajaran
7.       Unggul dalam SDM pendidikan
8.       Unggul dalam kelembagaan sekolah
9.       Unggul dalam manajemen sekolah
10.   Unggul dalam penggalangan pembiayaan pendidikan
11.      Unggul dalam prestasi akademik
12.    Unggul dalam prestasi non akademik
13.    Unggul dalam IMTAQ
14.    ……………….

  1. MISI (mengacu pada indikator, 1 indikator bisa lebih dari satu misi, ada benang merahnya dengan misi, redaksinya operasional, terukur, kata kerja, dll)


Mengacu indikator no 1 tentang: “Unggul dalam pengembangan kurikulum”
Antara lain misinya:
    1. Melaksanakan pengembangan KSP
    2. Melaksanakan pengembangan perangkat pembelajaran silabus
    3. Melaksanakan pengembangan sistem penilaian
    4. Melaksanakan pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran
    5. Melaksanakan diversifikasi kurikulum pendidikan
    6. Melaksanakan pengembangan kurikulum muatan lokal
    7. .......................

    1. Melakukan inovasi dalam ..............
    2. Mengadakan.....................
    3. Melaksanakan pengembangan keorganisasian sekolah (organisasi, sarpras, fasilitas, pembiayaan,............ )
    4. Melaksanakan pengembangan fasilitas (aspek teknis teknologi) pendidikan
    5. Melaksanakan pengembangan pembiayaan pendidikan
    6. Melaksanakan pengembangan SDM pendidikan
    7. Melaksanakan pengembangan…………..

    1. Melaksanakan pengembangan manajemen (pengelolaan: SDM, pembelajaran, sarpras, penilaian, kesiswaan, kurikulum, administrasi, pembiayaan, pemasaran, dsb) sekolah
    2. Melaksanakan pengembangan otonomi sekolah (kemandirian, penggalangan partisipasi dan kerjasama stakeholder, dll)
    3. Melaksanakan pengembangan ………………………..

    1. Melaksanakan pengembangan metode pembelajaran (proses) di sekolah
    2. Melaksanakan pengembangan strategi pembelajaran
    3. Melaksanakan pengembangan …………………..

    1. Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang olah raga
    2. Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang wiyata mandala
    3. Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang kesehatan sekolah
    4. Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang kesenian
    5. Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang pramuka
    6. Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang KIR
    7. Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang agama
    8. Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang keterampilan
    9. Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang kerajinan
    10. Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang tata krama
    11. Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang ………………..


  1. TUJUAN (Ingat: dibuat untuk jangka waktu 5 tahun, tiap misi bisa dibuat lebih dari satu tujuan, mengandung ABCD?)

Dalam kurun waktu empat tahun kedepan, tujuan yang akan dicapai oleh sekolah antara lain:

MASING-MASING CONTOH DI BAWAH INI DIBUAT LEBIH RINCI SESUAI MISI YANG AKAN DIJABARKAN:

1.                    Menjadikan sekolah bertaraf SMP formal mandiri, bertaraf internasional, .............

Khusus untuk indikator no 1 dan dicapai dengan misi no a-f tentang pengembangan KBK, tujuannya antara lain:

2.                   Sekolah mengembangkan silbus untuk kelas 7-9 semua mata pelajaran tahun 2007 (ini bisa lebih rinci lagi)
3.                   Sekolah mengembangkan pemetaan SK, KD, Indikator, aspek untuk kelas 7-9 semua mapel pada tahun 2006
4.                   Sekolah mengembangkan RPP untuk kelas 7-9 semua mata pelajaran
5.                   .................


6.                   Sekolah memiliki/mencapai standar isi (kurikulum satuan pendidikan/KBK, meliputi: tercapai / telah dibuat kurikulum satuan, silabus lengkap, model/sistem penilaian lengkap, RPP lengkap, dll--à ini bisa dijabarkan lebih rinci)
7.                   Sekolah memiliki/mencapai standar proses pembelajaran meliputi: tercapai/telah dibuat/ditetapkan sekolah melaksanakan pembelajaran dengan strategi/metode: CTL, pendekatan belajar tuntas, pendekatan pembelajaran individual, dll
8.                   Sekolah memiliki/mencapai standar pendidik dan tenaga kependidikan meliputi: semua guru berkualifikasi minimal S1, telah mengikuti PTBK, semua mengajar sesuai bidangnya, dll
9.                   Sekolah memiliki/mencapai standar sarpras/fasilitas sekolah meliputi: semua srapras, fasilitas, peralatan, dan perawatan memenuhi SPM
10.               Sekolah memiliki/mencapai standar pengelolaan sekolah meliputi: pencapaian standar pengelolaan : pembelajaran, kurikulum, sarpras, SDM, kesiswaan, administrasi, dll
11.                  Sekolah memiliki/mencapai standar pencapaian ketuntasan kompetensi/prestasi/kelulusan...
12.                 


  1. PROGRAM STRATEGIS: (dibuat program-program yang pokok atau dominan saja, diprioritaskan?, layak dilaksanakan, realisasi darii tujuan.............., bahwa harus mengacu kepada sebelumnya tentang tujuan, penajaman tujuan, misi, indikator):

Contoh:
Diambil dari indikator visi atau dari misi atau dari tujuan sebelumnya, misalnya ”Pengembangan KBK”, maka program sbb:
    1. Pengembangan silabus
    2. Pengembangan RPP
    3. Pengembangan pemetaan
    4. Pengembangan sistem penilaian
    5. Pengembangan ....................

    1. Pengembangan kurikulum satuan pendidikan
    2. Pengembangan KBK
    3. Pengembangan proses pembelajaran
    4. Pengembangan dan peningkatan SDM pendidikan
    5. Pengembangan sarana, prasarana, dan media pendidikan
    6. Pengembangan manajemen sekolah
    7. Pengembangan pencapaian standar kelulusan maksimal
    8. Pengembangan kelembagaan
    9. Pengembangan kegiatan lomba-lomba akademik dan non akademik
    10. Pengembangan ..................


  1. STRATEGI PELAKSANAAN/PENCAPAIAN (adalah merupakan cara, teknik, seni, metode dll dalam pelaksanakan program-program strategis):

    1. Pengembangan KSP: menjalin kerjasama dengan Komite Sekolah dan stakeholder lain melaksanakan...............kunjungan, workshop, lokakarya, seminar, IHT, dll..................untuk menghasilkan KSP

    1. Pengembangan kurikulum: menjalin kerjasama dan mengoptimasikan warga sekolah dalam membuat pemetaan SK,KD,dll; membuat silabus, membuat RPP, membuat model-model penilaian, dll..........melalui workshop, IHT, dll untuk menghasilkan domkumen kurikulum sekolah.

    1. Pengembangan srapras dan media pembelajaran: menjalin kerjasama dengan pihak lain dan mengoptimasikan SDM sekolah untuk ........................ dalam rangka memenuhi standar sarpras dan media pembelajaran sekolah;
    2. ..............................
    3. Kelembagaan: Menjalin kerjasama...., melengkapi ......, melaksanakan penataran....., membuat jaringan ...., menambah ......,
    4. Manajemen: Menjalin kerjasama...., melengkapi ......, melaksanakan penataran....., membuat jaringan ...., menambah ......,
    5. ................


  1. HASIL YANG DIHARAPKAN: (merupakan hasil-hasil baik kuantitas maupun kualitas dari program-program strategis yang direncanakan, yang tetap mengacu kepada SNP):
Catatan:

Bisa langsung menunjuk apa, kapan, tingkatan
    1. Menjadi SMP Formal Mandiri
    2. Tercapainya kelulusan sesuai SNP
    3. Tersedianya KSP
    4. Terpenuhinya kurikulum sekolah sesuai SNP tahun 2010
                                                               i.      PEMETAAN sk,kd,aspek,indikator
                                                              ii.      SILABUS untuk semua mapel dari kelas 7-9
                                                            iii.      SISTEM PENILAIAN untuk semua mapel dari kelas 7-9
                                                           iv.      RPP untuk semua mapel dari kelas 7-9
                                                             v.      DLL..............UNTUK KELAS 7-9
Ingat: hasil ini diupayakan selalu memperhatikan apanya, kapan tercapai, dan dalam pelaksanaan pencapaian dibuat pentahapan.

    1. Terpenuhinya sarpras dan media pendidikan sesuai SNP
    2. Terpenuhinya tenaga pendidik dan kependidikan sesuai SNP
    3. Terpenuhinya pengelolaan pendidikan sesuai SNP
    4. Terpenuhinya estándar kelulusan sesuai SNP
    5. ……………dst


G.    PEMBIAYAAN:

a.      Pembiayaan untuk 4 tahun, tiap tahunnya dapat dibuat rinci dari berbagai sumber atau langsung perkiraan totalnya dari berbagai sumber. Ingat bahwa dana SSN hanyalah salah satu sumber dana saja, diasumsikan per tahun dapat bantuan 100 juta dari SSN)
b.      Pada kolom program, tinggal memasukkan program – program strategis yang telah dibuat sebelumnya
c.        Bisa dibuat tabulasi atau deskriptif

Program( dimasukan dr program strategis)
Tahun untuk selama empat tahun

1 (2005/2006)
2
........ 4
Jumlah
  1. Pengembanga Kurikulum













  1. Pengambangan Kelembagaan (SMP Mandirià keorganisasian, SDM, fasilitas, sarpras (RKB, rehab, maintenance, Lab, isi lab, media, dll)
..... 3 m



..................... bisa dibuat rincian/kolom lagi sesuai jumlah sumber dana yang ada. Satu program bisa dibiayai lebih dari satu sumber dana.


KS 500, rutin 1m, ssn 100, bos 200, dll 200 total 2 M

2 M (rkb, ......
Dasarnya : thn I, asumsi, perkiraan, dst; manakala program th 1 rampung d tidak perlu lagi, maka th 2 tidak dibiayai.











4 M (rehab,.....
5 M (isinya......
...........
2. ........




20.  MONEV (supev. KBK, evaluasi kinerja sekolah, guru, dll)




Jumlah
.........................
3,2 m.........
..............................
..............................




  1. MONEV : (merupakan rencana strategis selama empat tahun oleh sekolah untuk melaksanakan MONEV di sekolahnya).
    1. Substansi yang dimonev al: kinerja guru, TU, kinerja sekolah, dan sumber daya sekolah lainnya, termasuk kesiswaan
    2. Dilakukan oleh kepala sekolah atau tim yang dibentuk sekolah
    3. Penting untuk membuat atau mengadopsi instrumen monev di buku 3 MBS contoh instrumen
    4. Bisa melakukan kerjasama dengan pihak lain






Ingat Jenis monitoring:
-         Supervisi klinis KBK                            PERBAIKAN PROSES
-         Supervisi klinis lainnya
-         .....
 
Evaluasi:
-         Kinerja sekolah
-         Kinerja guru                           
-         Kinerja karyawan/laboran                AKREDITASI SEKOLAH
-         Kepala sekolah
-         ...............
Dit PLP:
  1. Sudah ada standar kompetensi Kepala sekolah SMPà 26 SK
  2. Sudah ada instrumen Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah


SELAMA 4 TAHUN DIPEROGRAMKAN:
Setiap tahunnya:
  1. Melaksanakan supervisi klinis KBK (membuat instrumen, memvalidasi, melaksanakan, menganalisis, membuat laporan, tindak lanutnya)
  2. Melaksanakan supervisi klinis lainnya
  3. Melaksanakan evaluasi kinerja sekolah (internal)-à akhir tahun (memnetukan tim, membuat instrumen, memvalidasi, melaksanakan, menganalisis, membuat laporan, tindak lanutnya, isinya yang dievaluasi: 8 SNP, CIPPOO)
  4. Melaksanakan supervisi klinis lainnya

























RENOP: 1 TAHUN 2005/2006

Ingat:
    1. Dalam PP disebut rencana kerja satu tahun
    2. Dilampiri dengan dokumen-dokumen yang wajib dan sunat
    3. Format mengacu kebijakan Dit.PLP dan isi memperhatikan PP no 19 th 2005
    4. Bagi sekolah SSN direkomendasikan menggunakan anasis SWOT
    5. Renop mengambil satu tahun dari renstra
    6. Renop dibuat TIAP TAHUN, BUKAN EMPAT TAHUN SEKALIGUS
    7. ....................


LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN:

A.     TUJUAN SITUASIONAL/SASARAN (INGAT TUJUAN DI REN STRA)

Ingat :
a.      tujuan yang ada pada RENSTRA
b.      ada skala prioritas dari empat tahun yang ada, yang penting dalam tahun terakhir dihasilkan yang ”sempurna”
c.        dibuat lebih rinci dari tujuan renstra

Misalnya dari tujuan renstra:
1.                    Sekolah mengembangkan silbus untuk kelas 7-9 semua mata pelajaran tahun 2007 (ini bisa lebih rinci lagi)
2.                   Sekolah mengembangkan pemetaan SK, KD, Indikator, aspek untuk kelas 7-9 semua mapel pada tahun 2006
3.                   Sekolah mengembangkan RPP untuk kelas 7-9 semua mata pelajaran


Maka sasarannya 1 tahun: (Standar isi)

a.      Sekolah mengembangkan silbus untuk kelas 7  semua mata pelajaran tahun 2005/2006 (ini bisa lebih rinci lagi untuk jumlah mapelnya)




b.      Sekolah mengembangkan silbus untuk kelas 8 semua mata pelajaran tahun 2006/7 (ini bisa lebih rinci lagi untuk jumlah mapelnya)
c.        Sekolah mengembangkan silbus untuk kelas 9 semua mata pelajaran tahun 2007 (ini bisa lebih rinci lagi untuk jumlah mapelnya)

a.      Sekolah mengembangkan pemetaan SK, KD, Indikator, aspek untuk kelas 7 semua mapel pada tahun 2006
b.      Sekolah mengembangkan pemetaan SK, KD, Indikator, aspek untuk kelas 8 semua mapel pada tahun 2006
c.        Sekolah mengembangkan pemetaan SK, KD, Indikator, aspek untuk kelas 9 semua mapel pada tahun 2006


d.      Sekolah mengembangkan silbus untuk kelas 8 semua mata pelajaran tahun 2007 (ini bisa lebih rinci lagi)
e.        



4.                   Menjadikan sekolah bertaraf SMP formal mandiri, bertaraf internasional, .............

d.      Isi: membuat KSP, mengembangkan silabus dan sisnil untuk semua mapel, RPP,
e.       Fasilitas .................
f.        Tenaga...............
g.       Proses...............
h.       Pembiayaan............
i.         Pengelolaan...........
j.         Dll



B.      IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI KOMPONEN UNTUK MENCAPAI TIAP SASARAN

Rambu-rambu:
-         hanya untuk tiap sasaran
-         memperhatikan unsur-unsur yang lazim di dalam sistem pembelajaran
-         unsur-unsur umumnya: PBM, kesiswaan, dana, guru, manajemen, media, buku, dll (internal); eksternal: dana, pendidik, fasilitas, dsb
-          
1.        Sasaran: Sekolah mengembangkan silabus untuk kelas 7 semua mapel

a)  Komponen yang diperlukan: (internal/eksternal)
                       
Internal:
    1. Guru,
    2. Kepala sekolah
    3. Nara sumber (in/ek)
    4. Kurikulum (SK,KD)
    5. Dana
    6. Fasilitas
    7. ATK
    8. Tenaga adm

Eksternal:
    1. Sarana (komputer, atk, dll)
    2. Dana (in/ek)
    3. Waktu ?
    4. Komite sekolah (ek)
    5. Dinas pendidikan (ek)
    6. .......................



2. Sasaran 100: Sekolah juara 1 renang tingkat kabupaten tahun 2006.

a.      Guru/pelatih
b.      Kolam
c.        Airnya
d.      Siswa
e.       Pakaian
f.        Dana
g.       Waktu
h.       Komite sekolah
i.         Orang tua
j.         Latihan/PBM
k.      Uji coba
l.         ............



C.      ANALISIS  SWOT:

Ingat:
a.      dilakukan tiap sasaran, ..................dst
b.      yang dianalisis tiap komponen
c.   Menentukan kriteria ideal dasarnya: aturan pemerintah, naskah akademik, aturan umum lainnya yang relevan
c.         

Misalnya:  Sasaran 1: mengembangkan silabus dan sisnil untuk semua mapel
                        Sasaran 100: ...............................................

Catatan:

Komponen/Fungsi dan Faktornya
Kriteria Kesiapan
(Kondisi Ideal)
Kondisi Nyata
Tingkat Kesiapan Faktor


Terukur, kuantitas

Siap
Tidak
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
A.
Fungsi Proses Belajar
Mengajar (PBM)



A
1.








2











1






2






3.
Internal:
Guru:













Kepala sekolah









Eksternal:

Nara sumber






Dana






Komite Sekolah









Faktor Internal :
a.   Motivasi belajar siswa















b.   Motivasi Guru














c.   Keragaman Metode mengajar










d.   Keragaman Media Pembelajaran















e.   Keragaman Penilaian oleh Guru

















f.    Dan seterusnya sesuai dengan kondisi dan tuntutan  kurikulum/sekolah

-          pengalaman ws KBK min. 2 kl
-          Kualifikasi : S1
-          Sesuai bidangnya
-          Penglaman mengajar min 5 th
-          Kompetensi guru: pernah ikut PTBK
-          Jumlah 10
-          PNS
-          Datang tepat waktu


Menguasai KBK:
-          penataran KBK 3 kl
-          kualifikasi s1
-          sesuai bidang keahliannya
-          pengalaman min 2 periode
-          pengalaman diklat cakep




Kriteria:
-          pengalaman ws nasional KBK 2 kl
-          Jenjang S2
-          Sesuai biudangnya
-          Jumlah 2
Kriteria:
-          transpor: 1 jt
-          atk: 2 jt
-          kons...
-           
Total: 10 jt






·     Tinggi, kriterianya:
·    100% datang tepat waktu
·    100% tugas selesai
·    100% tertib di kelas
·    100% disiplin berpakaian rapi
·    tidak ada siswa pulang sebelum waktunya
·    Tugas selesai sebelum waktunya
·    Dan sebagainya sesuai criteria ideal yang seharusnya


·      Tinggi, kriterianya:
·    100% datang tepat waktu
·    100% mengajar tepat waktu
·    100% tugas mengajar selesai sesuai rencana
·    Dan sebagainya sesuai criteria ideal yang seharusnya




·     Bervariasi, kriterianya:
·    CTL
·    Ceramah
·    Diskusi
·    Tugas
·    PR
·    Tanya jawab
·    Dan sebagainya sesuai criteria ideal yang seharusnya



·    Beragam sesuai tuntutan kompetensi, kriterianya:
·    100% jumlah media terpenuhi
·    Media elektronik
·    Media modeling
·    Media alam sekitar
·    Media praktisi
·    Media benda sebenarnya
·    Media miniature
·    Media wallchart
·    Dan sebagainya sesuai criteria ideal yang seharusnya


·    Beragam sesuai tuntutan kompetensi, kriterianya:
·    Penilaian harian
·    Penilaian tugas
·    Penilaian PR
·    Penilaian karya siswa
·    Penilaian penampilan/presentasi siswa
·    Penilaian portofolio
·    Penilaian blok
·    Penilaian sumatif
·    Penilaian kerajinan/kedisiplinan
·    Penilaian perilaku siswa
·    Dan sebagainya sesuai criteria ideal dalam penilaian

1kl

80% S1
9% sesuai

100%
25% pernah PTBK

2
GTT


Kurang lengkap?
Tidak menguasai
Tidak pernah penataran
D3
Tidaak sesuai
1 tahun









-          pengalaman ws nasional KBK 2 kl
-          Jenjang S2
-          Sesuai biudangnya



-          transpor: 200 rb
-          atk: 100 rb
-          kons...
-           
Total: 1 jt







·     Tinggi, kriterianya :
· 100% datang tepat waktu
· 100% tugas selesai
· 100% tertib di kelas
· 100% disiplin berpakaian rapi
· tidak ada siswa pulang sebelum waktunya
· Tugas selesai sebelum waktunya





·      Tinggi, kriterianya:
·    100% datang tepat waktu
·    100% mengajar tepat waktu
·    100% tugas mengajar selesai sesuai rencana
·    dll sesuai kondisi nyata





·     Tidak banyak variasi :
·    Ceramah
·    Tanya jawab










·     Kurang beragam, kriterianya:
·    50% jumlah media terpenuhi
·    media wallchart
·    media alam sekitar












·    Kurang beragam sesuai tuntutan kompetensi, kriterianya:
·    Penilaian harian
·    Penilaian tugas
·    Penilaian PR
·    Penilaian sumatif

V

V
V
V



















v
Catatan:







V (lemah)





























































D.     ALTERNATIF LANGKAH-LANGKAH PEMECAHAN PERSOALAN

Ingat:
a.      hasil analisis SWOT, cari yang lemah
b.      ………….


Misalnya:
1.        Sasaoran 1: Sekolah silabus.........
1.        a. Guru:
- pengalaman penataran KBK kurang
- belum mengikuti PTBK (Pelatihan nTerintegrasi      Berbasis Kompetensi)
- Jumlah kurang

Sasaran 1
Persoalan
Altaernatif Pemecanahn Persoalan

Guru:


- pengalaman KBK kurang
- mengadakan ws KBK
- mengirimkan ws KBK
- magnag di sekolah lain
- IHT di sekolahnya sendiri
- PTK
- mengikutkan guru pada MGMP

- jumlah guru kurang
- mengusulkan PNS
- ngangkat GTT
- minta guru bantu
- memberdayakan guru yang ada
-



E.      RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN

Ingat:
a.      ................
b.      ................
c.        ................

  1. Sasaran 1: Sekolah mengembangkan Silabus untuk kelas 7 semua mapel

Program 1: Meningkatkan kemampuan guru terhadap KBK
Kegiatan:

Mempertimbangkan: volume, jumlah, waktu, satuan, buah, durasi waktu............ (SMART, spesific, measurable, achievable, relevan, time)

-         Sosialisasi KBK, SSN, KSP, SNP..................
-         Melaksanakan ws KBK di sekolah
-         Mengirimkan guru ke MGMP
-         Mensupervisi/membim,bing
-         Evaluasi ............
-         .................


Program 2: Melaksnakan workshop pembuatan sialbus dan sisnil

Kegiatan:
-         Menyusun kalender pendidikan
-         Menyusun pemetaan
-         Menmbuat peranngkat pembelajaran (sialbus dan sisnil seluruh mapel, RPPdll)
-         Membuat Penggandaan hasil
-         Membuat laporan ws
-         ...............................
-          
Program 3: Melaksanakan Uji coba dan validasi Silabus

Kegiatan:
- Sinkronisasii/sosialisasi kepada guru tentang silabus dan sisnil
-         Pelaksanaan uji coba silabus dan sisnil
-         Supervisi
-         Perabikan silabus dan sisnil
-         Penggandaan
-         MenDokumentasikan silabus

Program 4: Melakukan evaluasi pembuatan silabus
- ...
- ...
- ...

Program 5: Melakukan tindak lanjut dari  pembuatan silabus
-         ..............
-         ..............
-         .............












F. RENCANA ANGGARAN:

1. Lihat formtnya pada halaman 36 dan 38 buku MBS-2
2. Semua sumber dan besarnya dana dimasukkan
3. Dana SSN hanya bersifat pancingan saja, tidak boleh untuk kebutuhan FISIK bangunan


CONTOH FORMAT RAPBS:

URAIAN RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN PEMBIAYAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI X


TAHUN AJARAN : ………………

No.

Rencana program dan kegiatan

SASARAN
(Volume: orang, org/bulan, jam, unit, org/jam, buah, paket, unit, rim, lembar, m2, dsb)

Sumber dana

JUM-LAH

RU-TIN

SSN

BOS
KOMITE SEKO-LAH

LAINNYA

1
2
3
8
5
6
7
8
8
A

B



C



D

E

F


G

1



2

3

4

5

6

7


8

9

10

11


12


13


14


H

   
Gaji & Tunjangan

Keperluan Sehari-hari
1. Berkaitan dengan Operasional Kantor
2. Berkaitan dengan Teknis Pendidikan

Pemeliharaan Inventaris
1. Berkaitan dengan Operasional Kantor
2. Berkaitan dengan Teknis Pendidikan

Langganan Daya dan Jasa

Pemeliharaan Gedung, Ruang, dll

Pengadaan Sarana Kantor dan Pendidikan
Program 1: Meningkatkan kemampuan guru terhadap KBK
Kegiatan:


-         Sosialisasi KBK, SSN, KSP, SNP..................
-         Melaksanakan ws KBK di sekolah
-         Mengirimkan guru ke MGMP
-         Mensupervisi/membim,bing
-         Evaluasi ............
-         .................


Program 2: Melaksnakan workshop pembuatan sialbus dan sisnil

Kegiatan:
-         Menyusun kalender pendidikan
-         Menyusun pemetaan
-         Menmbuat peranngkat pembelajaran (sialbus dan sisnil seluruh mapel, RPPdll)
-         Membuat Penggandaan hasil
-         Membuat laporan ws
-         ...............................
-          
Program 3: Melaksanakan Uji coba dan validasi Silabus

Kegiatan:
- Sinkronisasii/sosialisasi kepada guru tentang silabus dan sisnil
-         Pelaksanaan uji coba silabus dan sisnil
-         Supervisi
-         Perabikan silabus dan sisnil
-         Penggandaan
-         MenDokumentasikan silabus

Program 4: Melakukan evaluasi pembuatan silabus
- ...
- ...
- ...

Program 5: Melakukan tindak lanjut dari  pembuatan silabus
-         ..............
-         ..............
-         .............
Pengembangan silabus dan sisnil:

Program 1: Meningkatkan kemampuan guru terhadap KBK
Kegiatan:
-         Sosialisasi KBK, SSN, KSP, SNP..................
-         Peserta: ....
-         Pembicara
-         Tempat
-         Konsumsi
-         ATK
-         Transport
-         Penggandaan
-         Melaksanakan ws KBK di sekolah
-         Mengirimkan guru ke MGMP
-         Mensupervisi
-         Evaluasi ............



Program pengadaan media pemebelajaran bahasa Inggris




Peningkatan Mutu Pendidikan :

Pengembangan kurikulum (penjabaran dalam silabus, satuan pengajaran, system penilaian, lembaran kerja, dll)

Pelaksanaan Bridging Course

Pelaksanaan CTL semua Mata pelajaran

Pengembangan profesionalitas guru

Peningkatan kompetensi guru

Peningkatan kompetensi tenaga TU

Peningkatan dan pengembangan media
Pembelajaran

Implementasi MBS

Program inovasi input pendidikan

Program inovasi pembelajaran

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi oleh sekolah tentang kinerja sekolah

Pelaksanaan supervisi klinis oleh kepala sekolah

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi oleh kepala sekolah terhadap kinerja guru

Pengembangan sekolah menuju ketercapaian SPM

Dan sebagainya : ....................


































SMART

HONOR MENGIKUTI ATURAN PEMDA/PEMKOT, TERMASUK PEMBELIAN BARANG MENGGUNAKAN INDEKS DAERAH




































10 VCD—a 1 jt-10 jt
10 CD
10 TV
10 TR
dll...................
.............
-----
----
1000



JUMLAH






4 M

                                                                                                                .................., .................... 20..........


                                                                                                                Komite Sekolah                                       Kepala Sekolah
Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan
Kab/kota                                                                                                  (..............................)                               (..............................)
         

(..............................)                                                                                                              


G. RENCANA MONEV (Ingat sebagai rincian dan implmenetasi dari monev di renstra, dll)

  1. Supervisi dilakukan untuk mengetahui dan mengatasi masalah2 proses pelaksanaan KBK;
  2. Supervisi juga Termasuk masalah gurunya, administrasi, sarana, KBM, dll
  3. Monev dilakukan pada akhir programà mengetahui ketercapaian tujuan/sasaran, untuk perbaikan/masukan sasaran tahun berikutnya
  4. Lebih baik tiap sasaran ada evaluasi
  5. Instrumen, kisi, pedoman penilaian monev bisa dilihat pada buku MBS-3 paling belakang sendiri
  6. Rincian kegiatan MONEV antara lain:
    1. Persiapan
    2. Pengembangan perangkat instrumen
    3. Pelaksanaan (pengambilan data dan analisis data, pemecahan masalah)
    4. Pelaporan



H.           JADWAL KEGIATAN

KETENTUAN:
    1. dibuat per minggu per bulan dalam satu tahun
    2. dimasukkan semua program yang telah ditulis sebelumnya
    3. Ingat kalender pendidikan
    4. Dll


  1. PENANGGUNG JAWAB

KETENTUAN:
    1. Bisa tiap program ada penanggungjawabnya
    2. Demi efisiensi biaya dan tenaga bisa satu sasaran satu penanggung jawab
    3. Sangat tergantung kemampuan sekolah masing-masing
    4. Penanggung jawab harus kualified dan kompeten
    5. Sebaiknya sekolah membentuk TIM SSN (Koordinator/ketua, sekretaris, anggota, dll) dan ada TUPOKSI NYA dengan SK kepala sekolah



”SELAMAT MEMBUAT RPS”