Rabu, 06 Maret 2013

RPP1


RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN

      I.            IDENTITAS
Satuan pendidikan              : SMK NURUL FALAH PEKANBARU
Bidang keahlian                  : Bisnis dan Manajemen
Program Studi Keahliian    : Keuangan
Kopetensi Keahlian            : Akuntansi
Mata Pelajaran                            : Kopetensi Kejuruan
Kelas/Semester                             : X/1 (Ganjil)
Tahun pelajaran                 : 2012/2013
Alokasi waktu                     :   Jam x 45 menit


   II.            Standart kopetensi        : Mengerjakan persamaan dasar akuntansi

III.            Kopetensi dasar            :Memahami Dasar-Dasar Akuntansi

IV.            Indikator                       :
1.    Mendeskripsikan pengertian akuntansi
2.    Mengidentifikasi indikator spesialisasi dalam akuntansi
3.    Mengdeskrifsikan jabatan dalam bidang akuntansi
4.    Mengidentipikasi pihak-pihak yang membutuhkan akuntansi
   V.            Tujuan Pembelajaran   :
Setelah materi mempelajari modul,maka siswamampu:
1.      Mengdeskripsikan pengertian akuntansi dengan benar
2.      Mengidentipkasi indicator spesialisasi dalam akuntansi dengan benar
3.      Mengdeskripsikan jabatan dalam bidang akuntansi dengan benar
4.      Mengidentipikasi pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi dengan benar

VI.            Alokasi Waktu
2 Jam x 45 Menit ( 1 Kali pertemuan )


VII.            Materi Ajar
Materi pokok
1.      Pengertian akuntansi
2.      Spesialisasi dalam akuntansi
3.      Jabatan dalam bidang akuntansi
4.      Pihak-pihak yang membutuhkan akuntansi
KONSEP
                   I.          Pengertian akuntansi
Akuntansi menurut American acconting assosiaton (AAA) adalah proses mengidentipikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi pihak pemakai informasi.Akuntansi menurut American institute of certified public accountants (AICPA) Adalah proses pencatan,golongan dan peringkassan transaksi kejadian yang tepat dalam bentuk satuan uang dan penapsiran hasil proses tersebut.
Nilai karakter
·        Kerja sama
·        Menghargai pendapat orang lain
·        Percaya diri
Kewirausahaan
·        Kerja keras
·        Tanggung jawab
·        Disiplin
·        Kerja sama
·        Ulet
·        Rasa ingin tahu
                II.          Spesialisasi Akuntansi
Sejalan dengan perkembanagan ekonomi yang pesat, timbul pengkhususan di bidang akuntansi.
a.    Bidang akuntansi berdasarkan tujuan
·        Akuntansi keuangan (financial accounting)
·        Akuntansi biaya ( cost accounting )
·        Akuntansi perpajakan ( tax accounting )
·        Akuntansi anggaran ( budgetary accounting )
·        Akuntansi pemeriksaan ( auditing )
·        Akuntansi pemerintahan ( government accounting )
·        Akuntansi manajemen ( management accounting )
·        System akuntansi ( accounting system )
b.    Bidang akuntansi berdasarkan profesinya
·        Akuntan public ( public accountant )
·        Akuntan intern ( private accountant )
·        Akuntan pemerintah ( government accountant )
·        Akuntan pendidik
             III.          Jabatan dalam akuntansi
Seseorang yang memilki keahlian di bidang akuntansi dan bergelar akuntan dapat menduduki jabatan di lembaga pemerintahan  maupun di perusahaan swasta serta BUMN.
             IV.          Pihak-pikah yang membutukan informasi dalam akuntansi
a.       Pihak intern (internal user )
Pemakai pihak intern adalah pimpinan perusahaan ( manajemen )
b.      Pihak ekstern (eksternal user )
Pemakai informasi akuntansi yang termasuk pihak ekstern adalah:
·        Pemilik perusahaan
·        Investor
·        Kariawan/pegawai
·        Kreditur
·        Pemerintah
Nilai karakter
·        Kerja sama
·        Menghargai pendapat oorang lain
·        Percaya diri

Kewirausahaan
·        Kerja keras
·        Tanggung jawab
·        Disiplin
·        Kerja sama
·        Ulet
·        Rasa ingin tahu



VIII.            Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Tanya jawab
3.    Pemberian tugas
4.    Diskusi

IX.            Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal
Persiapan :
1.   Memperhatikan errapian dan ke bersihan kelas
2.   Berdo”a dan absensi
Prasarat :
Guru menjelaskan bahwa materi ini merkaitan dengan pemahaman siswa untuk mengetahui dasar-dasar akuntansi.
Apersepsi :
Guru memberikan pertanyaan mengenai akuntasi berdasarkan pemahaman siswa.
Motivasi :
1.   Guru menggali wawasan siswa tentang mendeskrifsikan pengertian akuntansi
2.   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan inti
Eksplorasi
·        Dengan memberikan beberapa istilah dalam akuntansi siswa dapat menjelaskan pengertian akuntansi.
Elaborasi
·        Guru meminta siswa belajar mandiri melalui diskusi kelompok kecil.
·        Masing-masing kelompok sisa mendiskusikan tentang pengertian akuntansi.
·        Masing-masing kelompok mempersentasikan hasil diskusi tentang pengertian akuntansi.
Komfirmasi
·        Guru memberikan beberapa pertanyaan tenang spesialisasi dalam akuntansi.
·        Siswa menanggapi pertanyaan yang di berikan.
·        Guru memberikan penilaian pada kelompok dan siswa secara individu.
Kegiatan penutup
1.      Guru besama dengan siswa merangkum materi yang telah di pelajari.
2.      Guru memberikan tugas yang mengenai sejarah perkembangan akuntasi.
3.      Guru memberikan informasi kepada siswa tentang rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5 menit













5 menit













5 menit


   X.            Alat/Bahan/Sumber belajar
a.      Alat belajar
1.      Papan tulis dan perlengkapannya.
2.      Buku catatan dan alat tulis bagsiswa.
3.      Leptop serta perlengkapan,LCD proyector/in vocus, scanner.

b.      Bahan belajar
1.      Modul
2.      Lembar kerja siswa menyelesaikan persamaan dasar akuntansi

c.       Sumber belajar
1.      Akuntansi 1A untuk SMK, penerbit Erlangga.
2.      Siklus akuntansi, penerbit Tiga serangkai.
3.      Siklus akuntansi untuk tingat 1 SMK, penerbit Yudistira.

XI.            Penilaian

a.     Jenisw penilaian
1.      Tertulis
Hasil diskusi yang di lakukan siswa mengenai,keaktifan,kreatif, bahasa yang digunakan dan cara mengemukakan pendapat.
2.      Observasi
Juga sudah melampirkan pada lembaran checklist dengan komponen penilaiannya sekali.



b.     Tabel penilaian

PENILAIAN AFEKTIF

NO
NAMA SISWA
PARTISIPASI
MOTIVASI
KERJASAMA
INISIATIF



















Penilaian diisi dengan :
1 = Sangat kurang  2 = Kurang       3 = Sedang       4 = Baik           5 = Sangat baik

NO
INDIKATOR PENILAIAN
SKOR
1
Pengertian akuntansi
5
2
Spesialisasi dalam akuntansi
15
3
Pengertian akuntansi keuangan
5
4
Pengertian akuntansi manajemen
5
5
Bidang akuntansi berdasar kan propesinya
15
6
Pengertian akuntan public
5
7
Pengrtian akuntan pemerintah
5
8
Pengertian akuntan pendidik
5
9
Pihak-pihak yang memerlukan informasi akuntansi
20
10
Pihak-pihak ekstern yang memerlukan informasi akuntansi
20

TOTAL SKOR
100

Arti tingkat penguasaaan yang di capai siswa :
90 – 100    = Baik sekali
80 – 90      = Baik
70 – 79      = Cukup
<70 span="" style="mso-tab-count: 1;">            = Kurang
Apabila tingkat penguasaan mencapai 70 ke atas siwa dapat meneruskan dengan materi selanjutnya,tapi bila tigkat penguasaan siswa masih  di bawah 70 siswa harus mengulangi kegiatan belajar tersebut ( Remedial).



PENILAIAN PSIKOMOTOR
NO
Uraian
Nilai
1
Persiapan
a.       Mempersiap kan bahan sesuai dengan kebutuhan
b.      Menyediakan peralatan sesuai kebutuhan

5
5
2
Proses
a.       Mendeskripsikan pengertian akuntasi
b.      Mendeskripsikan spesialisasi dalam akuntansi
c.       Mendeskripsikan jabatan dalam bidang akuntansi
d.      Mendeskripsikan pihak-pihak yang membutukan informasi akuntaansi

5
15
15
20
3
Haasil
a.       Criteria hasil kerja
30
4
Siakap kerja
a.       Keterbacaan,kerapian dan keberhasilan
5

Jumlah
100


     Mengetahui,                                                                      Pekanbaru,     Juli 2012
     Guru Pembimbing
     SMK Nurul Falah Pekanbaru                                                      Guru PPL



YUMELDA SAFITRI,S.Pd                                                ROBIN SUGARA HRP
Kepala Sekolah
SMK Nurul Falah Pekanbaru



YAYUK SUSTINAH, S.Pd
NIP. 19600401 1981032003