RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
I.
IDENTITAS
Satuan
pendidikan : SMK NURUL FALAH
PEKANBARU
Bidang
keahlian : Bisnis dan
Manajemen
Program
Studi Keahliian : Keuangan
Kopetensi
Keahlian : Akuntansi
Mata
Pelajaran :
Kopetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X/1 (Ganjil)
Tahun
pelajaran : 2012/2013
Alokasi
waktu : Jam x 45 menit
II.
Standart
kopetensi : Mengerjakan persamaan
dasar akuntansi
III.
Kopetensi
dasar :Memahami Dasar-Dasar
Akuntansi
IV.
Indikator :
1.
Mendeskripsikan
pengertian akuntansi
2.
Mengidentifikasi
indikator spesialisasi dalam akuntansi
3.
Mengdeskrifsikan
jabatan dalam bidang akuntansi
4.
Mengidentipikasi
pihak-pihak yang membutuhkan akuntansi
V.
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah
materi mempelajari modul,maka siswamampu:
1. Mengdeskripsikan
pengertian akuntansi dengan benar
2. Mengidentipkasi
indicator spesialisasi dalam akuntansi dengan benar
3. Mengdeskripsikan
jabatan dalam bidang akuntansi dengan benar
4. Mengidentipikasi
pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi dengan benar
VI.
Alokasi
Waktu
2
Jam x 45 Menit ( 1 Kali pertemuan )
VII.
Materi
Ajar
Materi pokok
1. Pengertian
akuntansi
2. Spesialisasi
dalam akuntansi
3. Jabatan
dalam bidang akuntansi
4. Pihak-pihak
yang membutuhkan akuntansi
KONSEP
I.
Pengertian
akuntansi
Akuntansi
menurut American acconting assosiaton
(AAA) adalah proses mengidentipikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi
untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi
pihak pemakai informasi.Akuntansi menurut
American institute of certified public accountants (AICPA) Adalah proses
pencatan,golongan dan peringkassan transaksi kejadian yang tepat dalam bentuk
satuan uang dan penapsiran hasil proses tersebut.
Nilai karakter
·
Kerja sama
·
Menghargai pendapat
orang lain
·
Percaya diri
Kewirausahaan
·
Kerja keras
·
Tanggung jawab
·
Disiplin
·
Kerja sama
·
Ulet
·
Rasa ingin tahu
II.
Spesialisasi
Akuntansi
Sejalan dengan perkembanagan
ekonomi yang pesat, timbul pengkhususan di bidang akuntansi.
a. Bidang
akuntansi berdasarkan tujuan
·
Akuntansi keuangan
(financial accounting)
·
Akuntansi biaya ( cost
accounting )
·
Akuntansi perpajakan (
tax accounting )
·
Akuntansi anggaran (
budgetary accounting )
·
Akuntansi pemeriksaan (
auditing )
·
Akuntansi pemerintahan
( government accounting )
·
Akuntansi manajemen (
management accounting )
·
System akuntansi (
accounting system )
b. Bidang
akuntansi berdasarkan profesinya
·
Akuntan public ( public
accountant )
·
Akuntan intern (
private accountant )
·
Akuntan pemerintah (
government accountant )
·
Akuntan pendidik
III.
Jabatan
dalam akuntansi
Seseorang yang memilki keahlian di
bidang akuntansi dan bergelar akuntan dapat menduduki jabatan di lembaga
pemerintahan maupun di perusahaan swasta
serta BUMN.
IV.
Pihak-pikah
yang membutukan informasi dalam akuntansi
a. Pihak intern (internal
user )
Pemakai pihak intern adalah
pimpinan perusahaan ( manajemen )
b. Pihak ekstern
(eksternal user )
Pemakai informasi akuntansi yang
termasuk pihak ekstern adalah:
·
Pemilik perusahaan
·
Investor
·
Kariawan/pegawai
·
Kreditur
·
Pemerintah
Nilai karakter
·
Kerja sama
·
Menghargai pendapat
oorang lain
·
Percaya diri
Kewirausahaan
·
Kerja keras
·
Tanggung jawab
·
Disiplin
·
Kerja sama
·
Ulet
·
Rasa ingin tahu
VIII.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya
jawab
3. Pemberian
tugas
4. Diskusi
IX.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan ke
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal
Persiapan :
1. Memperhatikan
errapian dan ke bersihan kelas
2. Berdo”a
dan absensi
Prasarat :
Guru menjelaskan bahwa materi
ini merkaitan dengan pemahaman siswa untuk mengetahui dasar-dasar akuntansi.
Apersepsi :
Guru memberikan pertanyaan
mengenai akuntasi berdasarkan pemahaman siswa.
Motivasi :
1. Guru
menggali wawasan siswa tentang mendeskrifsikan pengertian akuntansi
2. Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan
inti
Eksplorasi
·
Dengan memberikan beberapa istilah
dalam akuntansi siswa dapat menjelaskan pengertian akuntansi.
Elaborasi
·
Guru meminta siswa belajar mandiri melalui
diskusi kelompok kecil.
·
Masing-masing kelompok sisa
mendiskusikan tentang pengertian akuntansi.
·
Masing-masing kelompok
mempersentasikan hasil diskusi tentang pengertian akuntansi.
Komfirmasi
·
Guru memberikan beberapa pertanyaan
tenang spesialisasi dalam akuntansi.
·
Siswa menanggapi pertanyaan yang di
berikan.
·
Guru memberikan penilaian pada
kelompok dan siswa secara individu.
Kegiatan
penutup
1. Guru
besama dengan siswa merangkum materi yang telah di pelajari.
2. Guru
memberikan tugas yang mengenai sejarah perkembangan akuntasi.
3. Guru
memberikan informasi kepada siswa tentang rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
|
5 menit
5 menit
5 menit
|
X.
Alat/Bahan/Sumber
belajar
a.
Alat
belajar
1. Papan
tulis dan perlengkapannya.
2. Buku
catatan dan alat tulis bagsiswa.
3. Leptop
serta perlengkapan,LCD proyector/in vocus, scanner.
b.
Bahan
belajar
1. Modul
2. Lembar
kerja siswa menyelesaikan persamaan dasar akuntansi
c.
Sumber
belajar
1. Akuntansi
1A untuk SMK, penerbit Erlangga.
2. Siklus
akuntansi, penerbit Tiga serangkai.
3. Siklus
akuntansi untuk tingat 1 SMK, penerbit Yudistira.
XI.
Penilaian
a.
Jenisw
penilaian
1. Tertulis
Hasil diskusi yang di lakukan siswa
mengenai,keaktifan,kreatif, bahasa yang digunakan dan cara mengemukakan
pendapat.
2. Observasi
Juga sudah melampirkan pada
lembaran checklist dengan komponen penilaiannya sekali.
b.
Tabel
penilaian
PENILAIAN AFEKTIF
NO
|
NAMA SISWA
|
PARTISIPASI
|
MOTIVASI
|
KERJASAMA
|
INISIATIF
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian diisi dengan :
1 = Sangat kurang 2 = Kurang 3
= Sedang 4 = Baik 5 = Sangat baik
NO
|
INDIKATOR PENILAIAN
|
SKOR
|
1
|
Pengertian
akuntansi
|
5
|
2
|
Spesialisasi
dalam akuntansi
|
15
|
3
|
Pengertian
akuntansi keuangan
|
5
|
4
|
Pengertian
akuntansi manajemen
|
5
|
5
|
Bidang
akuntansi berdasar kan propesinya
|
15
|
6
|
Pengertian
akuntan public
|
5
|
7
|
Pengrtian
akuntan pemerintah
|
5
|
8
|
Pengertian
akuntan pendidik
|
5
|
9
|
Pihak-pihak
yang memerlukan informasi akuntansi
|
20
|
10
|
Pihak-pihak
ekstern yang memerlukan informasi akuntansi
|
20
|
|
TOTAL SKOR
|
100
|
Arti tingkat penguasaaan yang di
capai siswa :
90 – 100 = Baik sekali
80 – 90 = Baik
70 – 79 = Cukup
<70 span="" style="mso-tab-count: 1;"> 70>= Kurang
Apabila tingkat penguasaan mencapai
70 ke atas siwa dapat meneruskan dengan materi selanjutnya,tapi bila tigkat
penguasaan siswa masih di bawah 70 siswa
harus mengulangi kegiatan belajar tersebut ( Remedial).
PENILAIAN PSIKOMOTOR
NO
|
Uraian
|
Nilai
|
1
|
Persiapan
a.
Mempersiap kan bahan sesuai dengan
kebutuhan
b.
Menyediakan peralatan sesuai kebutuhan
|
5
5
|
2
|
Proses
a.
Mendeskripsikan pengertian akuntasi
b.
Mendeskripsikan spesialisasi dalam
akuntansi
c.
Mendeskripsikan jabatan dalam bidang
akuntansi
d.
Mendeskripsikan pihak-pihak yang
membutukan informasi akuntaansi
|
5
15
15
20
|
3
|
Haasil
a.
Criteria hasil kerja
|
30
|
4
|
Siakap kerja
a.
Keterbacaan,kerapian dan keberhasilan
|
5
|
|
Jumlah
|
100
|
Mengetahui, Pekanbaru, Juli 2012
Guru Pembimbing
SMK Nurul Falah
Pekanbaru Guru PPL
YUMELDA SAFITRI,S.Pd ROBIN
SUGARA HRP
Kepala Sekolah
SMK Nurul Falah Pekanbaru
YAYUK SUSTINAH, S.Pd
NIP. 19600401 1981032003