Sabtu, 01 Oktober 2011

silabus SMA kls 1


SILABUS

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Program             : X
Semester                      : 1
Standar Kompetensi   : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
Alokasi Waktu            : 10 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
1.1  Mengidentifikasi kebutuhan manusia




















1.2  Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas









1.3  Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi



1.4  Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.






1.5  Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.
· Pengertian kebutuhan
· Macam-macam kebutuhan
· Hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan
· Pengertian benda pemuas kebutuhan
· Macam-macam benda pemuas kebutuhan
· Kegunaan benda pemuas kebutuhan








· Pengertian kelangkaan
· Penyebab kelangkaan
· Penentuan alokasi sumber daya ekonomi
· Sikap rasional dalam memenuhi kebutuhan





·    Barang apa yang akan diproduksi dan berapa jumlahnya.
·    Bagaimana cara memproduksi barang.
· Untuk siapa barang tersebut diproduksi.


·    Pengertian biaya sehari-hari dan biaya peluang
· Kurva kemungkinan produksi







·    Pengertian sistem ekonomi
·    Sistem ekonomi tradisional
·    Sistem ekonomi pasar
·    Sistem ekonomi komando
· Sistem ekonomi campuran
·    Mencari informasi tentang pengertian kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.
·    Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah setempat.
·    Mendiskusikan kebutuhan manusia di daerah setempat yang paling dominan.
·    Mengklasifikasi jenis kebutuhan berdasarkan tingkatannya.









· Menggali informasi tentang kelangkaan.
· Mendiskusikan faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya.
· Mengidentifikasi berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas melalui studi pustaka di daerah setempat dan sekitarnya.
· Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan kebutuhan.

·    Mengidentifikasi barang-barang apa, bagaimana cara memproduksi, dan untuk siapa memproduksi melalui diskusi kelompok dan studi kepustakaan.




·    Mengkaji referensi tentang permasalahan ekonomi untuk menemukan konsep biaya peluang.
·    Bertanya jawab tentang perbedaan biaya sehari-hari dan biaya peluang.
·    Mendiskusikan contoh-contoh biaya peluang.
·    Menggambar kurva kemungkinan produksi.

·    Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi.
·    Mengidentifikasi sistem ekonomi yang ada dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui diskusi kelompok dan studi kepustakaan.
· Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
· Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
· Mengidentifikasi hal-hal yang memengaruhi kebutuhan.
· Mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
· Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
· Mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.






· Mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
· Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan.
· Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
· Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan.


·    Mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.
·    Mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi barang.
·    Mendeskripsikan untuk siapa barang diproduksi.



·    Membedakan biaya sehari-hari dengan biaya peluang
·    Menggambar kurva kemungkinan produksi







·    Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi.
·    Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi tradisional.
·    Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi pasar.
·    Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi komando.
·    Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi campuran.



Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui Uji Penguasaan Materi, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
3 x 45 menit




















2 x 45 menit













2 x 45 menit









2 x 45 menit










2 x 45 menit
Buku Ekonomi   dan sumber lain yang relevan














SILABUS

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Program             : X
Semester                      : 1
Standar Kompetensi   : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi produsen dan konsumen.
Alokasi Waktu            : 8 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
2.1  Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi.





















2.2  Mendeskripsikan circular flow diagram





2.3  Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen



·    Manfaat dan nilai suatu barang
·    Hukum Gossen I dan II
·    Teori perilaku konsumen
·    Pola hidup hemat dan bersahaja
·    Persamaan produksi
·    Teori produksi
· Perilaku produsen yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.









· Circular Flow Diagram
· Manfaat Circular Flow Diagram




· Peran konsumen dan produsen




·    Membahas manfaat dan nilai suatu barang.
·    Menganalisis hukum Gossen I dan II
·    Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen melalui diskusi kelompok dan studi kepustakaan.

















· Membuat model interaksi pelaku ekonomi (circular flow diagram).
· Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi manfaat circular flow diagram bagi pengambil kebijakan ekonomi.

·    Menyebutkan peran konsumen dalam kegiatan ekonomi.
·    Menyebutkan peran produsen dalam kegiatan ekonomi.


· Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
· Membuat kesimpulan tentang hukum Gossen.
· Mendeskripsikan teori perilaku konsumen.
· Menerapkan pola hidup hemat dan bersahaja dalam perilaku konsumen.
· Membuat kesimpulan dari tabel dan grafik persamaan produksi.
· Mendeskripsikan teori produksi.
· Mengidentifikasi perilaku produsen yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.



· Membuat model interaksi pelaku ekonomi (circular flow diagram).
· Mengidentifikasi manfaat circular flow diagram.


·    Mengidentifikasi peran konsumen dalam kegiatan ekonomi.
· Mengidentifikasi peran produsen dalam kegiatan ekonomi.

Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
3 x 45 menit
























2 x 45 menit






2 x 45 menit




















Buku Ekonomi   dan sumber lain yang relevan





SILABUS

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Program             : X
Semester                      : 1
Standar Kompetensi   : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Alokasi Waktu            : 12 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
3.1  Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.





















3.2  Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya.



3.3  Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan


















3.4  Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang

















3.5  Mendeskripsikan pasar input



·    Pengertian permintaan
·    Pengertian penawaran
·    Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
· Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
















· Hukum permintaan dan penawaran







· Fungsi permintaan
· Fungsi penawaran
· Kurva permintaan
· Kurva penawaran
· Harga dan jumlah keseimbangan















·    Pengertian berbagai bentuk pasar barang
· Ciri-ciri pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik. 
· Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik. 
· Contoh berbagai bentuk pasar

·    Analisis harga faktor produksi
·    TPP, MPP, dan MRP
·    Sewa tanah
·    Upah pekerja
·    Bunga modal
·    Laba pengusaha
·    Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran melalui pengamatan dan diskusi.
·    Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.
·    Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
·    Menggambar kurva permintaan dan penawaran dari contoh konsumsi dan produksi.













· Membuktikan hukum permintaan dan penawaran melalui diskusi dan referensi.
· Menyebutkan contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran dalam kehidupan sehari-hari.


·    Menemukan fungsi permintaan dan penawaran melalui pengamatan kurva permintaan dan penawaran terhadap barang.
·    Merumuskan pengertian elastisitas dan jenis-jenisnya melalui referensi dan sumber belajar sekunder.
·    Memberi contoh proses terbentuknya harga dan jumlah keseimbangan dari suatu transaksi jual beli.
·    Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran secara matematis dengan menggunakan tabel dan kurva.
·    Menentukan harga dan jumlah keseimbangan dengan menggunakan tabel dan kurva.

·    Mendeskripsikan pengertian, ciri-ciri, kebaikan dan keburukan berbagai bentuk pasar barang melalui pengamatan dan referensi.















·    Mendeskripsikan pengertian, bentuk, dan teori dalam pasar faktor produksi melalui pengamatan, studi lapangan, dan referensi.
·    Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran.
·    Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
· Menggambar kurva permintaan dan penawaran.












· Menginterpretasikan hukum permintaan dan penawaran.
· Memberi contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran.


· Menerapkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta    menggambarkan kurvanya.
· Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan jumlah  keseimbangan serta menggambarkan kurvanya.
· Mendeskripsikan elastisitas dan jenis-jenisnya.








·    Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang.
·    Mengidentifikasi ciri-ciri berbagai bentuk pasar barang.
·    Mengidentifikasi kebaikan dan keburukan dari bentuk pasar.
·    Memberi contoh berbagai bentuk pasar









·    Mengidentifikasi pentingnya analisis harga faktor produksi.
·    Mendeskripsikan teori produktivitas marjinal.
·    Menjelaskan TPP, MPP, dan MR.P
·    Mendeskripsikan tinggi rendahnya sewa tanah.
·    Mendeskripsikan tinggi rendahnya upah pekerja.
·    Mendeskripsikan tinggi rendahnya bunga modal.
·   Mendeskripsikan laba pengusaha.





Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
2 x 45 menit
























2 x 45 menit







2 x 45 menit




















2 x 45 menit


















2 x 45 menit
Buku Ekonomi   dan sumber lain yang relevan

soal-soal ekonomi



Pratikum Tugas Pembuatan item soal terhadap Testee atau Responden yang akan diuji agar menjadi soal yang baik

Nama  Testee  :                      
Kelas               :

Soal pilihan ganda.
1.      Bapak ekonomi yang dikenal dalam sejarah dunia ialaah..
a.       Jhon maynerd keynes                                d. Karl max
b.      Adam smith                                              e. Thomas alfa edison
c.       Abraham linkton
2.      Hal yang tidak mungkin terjadi dalam sistem ekonomi pasar adalah...
a.       Monopoli negara
b.      Kesenjangan ekonomi
c.       Kreativitas ekonomi masyarakat yang tingi
d.      Monopoli oleh kelompok masyarakat
e.       Harga yang netral terhadap permintaan
3.      Sistem ekonomi harus dapat memecahkan inti masalah ekonomi, yaitu masalah...
a.       Pengangguran dan Inflasi
b.      Tidak terbatasnya kebutuhan manusia dan terbatasnya alat pemuas kebutuhan
c.       Kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi
d.      Jumlah dan kuantitas barang
e.       Pertumbuhan ekonomi dan pengangguran




4.      Darman dan teman-temanya akan mendirikan perusahaan, mereka sekarang sedang merencanakan perusahaan apa yang akan didirikannya. Hal ini merupakan masalah...
a.      What                                                          d.  Where
b.      Why                                                           e.  Whom
c.       When
5.      Semua kegiatan ekonomi dilakukan untuk tujuan-tujuan di bawah ini, kecuali...
a.       Keinginan untuk menjadi makmur
b.      Keinginan untuk memperoleh kepuasan
c.       Untuk menyalurkan barang dari produsen ke konsumen
d.      Keinginan berbuat sosial
e.       Keinginan memperoleh penghargaan
6.      Salah satu sistem ekonomi Indonesia adalah...
a.       Tidak menghendaki campur tangan pemerintah dalam perekonomian
b.      Sumber ekonomi yang menyangkut hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk kepentingan rakyat
c.       Untuk swasta tidak boleh berkembang
d.      Usaha kegiatan ekonomi di atur oleh negara
e.       Usaha swasta diberi kebebasan yang tidak terbatas
7.      Pemuasan kebutuhan yang dilakukan terus menerus, nilai kepuasannya makin lama makin menurun. Pernyataan ini merupakan...
a.       Nilai guna terbatas                                                d. Teori nilai subyektif
b.      Teori nilai obyektif                                                e. Hukum Gossen II
c.       Hukum Gossen I
8.      Berikut ini merupakan tujuan konsumen dalam memenuhi berbagai kebutuhan adalah...
a.       Mencapai kebanggaan
b.      Mencapai kepuasan maksimum
c.       Mencapai kenikmatan minimum
d.      Memperoleh penghargaan
e.       Memperoleh keuntungan maksimum


9.      Adanya pelaku ekonomi yang berasal dari luar negeri merupakan akibat dari adanya kegiatan ...
a.       Perdagangan besar                                                d. Sistem ekonomi terbuka
b.      Ekspor-impor                                                        e. Hubungan luar negeri
c.       Perdagangan terbuka
10.  Faktor yang paling menentukan permintaan yaitu...
a.       Jumlah anggota keluarga                                       d. Selera konsumen
b.      Pendapatan                                                           e. Harga barang lain
c.       Harga barang yang bersangkutan
11.  Pada dasarnya harga keseimbangan ditentukan oleh...
a.       Keseimbangan antara kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran barang tersebut
b.      Volume penawaran barang-barang di pasar
c.       Volume permintaan barang-barang tersebut
d.      Kondisi konsumen yang memesan barang
e.       Kondisi pasar yang menampung permintaan dan penawaran terhadap barang tersebut
12.  Kalau secara umum pendapatan konsumen meningkat, kurva permintaan akan bergeser...
a.       Ke kiri                                                                   d. Ke kanan
b.      Ke kanan                                                               e. Secara vertikal
c.       Ke kiri, kemudian ke kanan
13.  Ciri-ciri pasar produk dan pasar produksi antara lain...
1)      Penawaran datang dari rumah tangga produksi
2)      Penawaran datang dari rumah tangga konsumsi
3)      Permintaan datang dari rumah tangga produksi
4)      Permintaan datang dari rumah tangga konsumsi dan
5)      Harga ditentukan oleh rumah tangga produksi dan rumah tangga konsumsi.
Dari pernyataan tersebut, yang termasuk ciri-ciri pasar faktor produksi adalah...
a.       1, 2, dan 3                                                             d. 2, 3, dan 5
b.      1, 3, dan 5                                                             e. 2, 4, dan 5
c.       2, 3, dan 4

14.  Timbulnya monopoli dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut, kecuali...
a.       Menguasai bahan mentah yang penting
b.      Hak paten atas produk tertentu
c.       Luas pasar terbatas
d.      Adanya kesamaan produksi
e.       Pemberian lisensi secara tunggal
15.  Keberadaan perusahaan (pabrik) rokok di Indonesia dikategorikan ke dalam...
a.       Pasar monopoli                                          d. Pasar persaingan monopolistik
b.      Pasar duopoli                                            e. pasar persaingan sempurna
c.       Pasar oligopoli
16.  Persamaan Y = C + I + G  merupakan persamaan perekonomian...
a.       Dua sektor                                                 d. Tiga sektor
b.      Empat sektor                                             e.  b dan c benar
c.       Terbuka
17.  Faktor-faktor yang mempengaruhi uang yang beredar dimasyarakat, yaitu...
a.       Jumlah penduduk dan motivasi investor asing
b.      Struktur ekonomi masyarakat dan tingkat pendapatan
c.       Tingkat pendapatan dan motivasi investor asing
d.      Hubungan luar negeri dan motivasi investor asing
e.       Struktur ekonomi masyarakat dan hubungan luar negeri
18.  Berikut beberapa fungsi uang, kecuali...
a.       Sebagai perantara tukar menukar
b.      Sebagai satuan nilai
c.       Sebagai alat pembayaran tertunda
d.      Sebagai alat penyimpan nilai                                
e.       Sebagai alat perhiasan





19.  Mengatur, menjaga dan memelihaaraa kestabilan nilai rupiah merupakan tugas pokok...
a.       Bank umum
b.      Bank indonesia
c.       Bank rakyat indonesia
d.      Bank sentral
e.       Bank swasta nasional
20.  Berikut ini merupakan jenis-jenis lembaga keuangan, kecuali...
a.       Dealer-dealer motor dan mobil
b.      Perusahaan peminjaman
c.       Pasaran saham
d.      Perusahaan asuransi
e.       Bank umum atau bank perdagangan


Nb :  1.  Tidak berpengaruh terhadap  nilai saudara
                2.  Kerjakan sesuai dengan kemampuan saudara
               3.  Terima kasih


    Selamat Mengerjakan iaa...^^
             Good luck!!