RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
I.
IDENTITAS
Satuan
pendidikan : SMK NURUL FALAH
PEKANBARU
Bidang
keahlian : Bisnis dan
Manajemen
Program
Studi Keahliian : Keuangan
Kopetensi
Keahlian : Akuntansi
Mata
Pelajaran :
Kopetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X/1 (Ganjil)
Tahun
pelajaran : 2012/2013
Alokasi
waktu : Jam x 45 menit
II.
Standart
kopetensi : Mengerjakan persamaan
dasar akuntansi
III.
Kopetensi
dasar :Memahami Dasar-Dasar
Akuntansi
IV.
Indikator :
1.
Menjelaskan pengertian
persaman dasar akuntansi
2.
Mengidentifiasi bentuk
persaman akuntansi
3.
Menjelaskan pengertian
aktiva,kewajiban dan ekuitas
4.
Mencatat transaksi
kedalam persaman akuntansi
V.
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah
materi mempelajari modul,maka siswamampu:
1.
Dapat menjelaskan
pengertian peramaan dassar akutansi
2.
Mengidentifikasi bentuk
persamaan dasar akuntansi
3.
Dapat menjelaskan
pengertian aktiva, kewajiban dan ekuitas
4.
Dapat mencatat
transaksi kedalam persamaan dasar
akuntansi
VI.
Alokasi
Waktu
2
Jam x 45 Menit ( 1 Kali pertemuan )
VII.
Materi
Ajar
Materi pokok
1.
Pengertian persamaan
dasar akuntansi
2.
Bentuk persaman dasar
akuntansi
3.
Pengertian aktiva,
kewajiban dan ekitas
4.
Pencatatan transaksi
kedalam persaman dasar akuntansi
KONSEP
I.
Pengertian
persaman dasar akuntansi
Persamaan dasar akuntansi merupakan
hubungan antara harta, utang dan modal yang dimiliki oleh perusahaan. Persamaan
dasar akuntansi digunakan sebagai dasar pencatatan sistem akuntansi, artinya
setiap transaksi yang terjadi harus dicatat dalam dua aspek. Transaksi yang
merubah aktiva diimbangi perusahaan pada kewajiban. Jadi persamaan dasar
akuntansi adalah keseimbangan antara sisi kiri (aktiva) dan sisi kanan
(pasiva), perubahan yang timbul akibat adanya transaksi keuangan keseimbangan
akan selalu dipertahankan.
Nilai karakter
·
Kerja sama
·
Menghargai pendapat
orang lain
·
Percaya diri
Kewirausahaan
·
Kerja keras
·
Tanggung jawab
·
Disiplin
·
Kerja sama
·
Ulet
·
Rasa ingin tahu
II.
Bentuk
persamaa dasar akuntansi
Bentuk-bentuk
persamaan dasar akuntansi dapat dijabarkan sebagai berikut:
* Harta = Utang + Modal
* Utang = Harta - Modal
* Modal = Harta - Utang
Untuk yang lebih kompleksnya, persamaan dasar akuntansi juga dapat dirumuskan sebagai berikut:
* Harta + Beban = Utang + Modal + Pendapatan
Berdasarkan persamaan dasar akuntansi di atas, kita dapat menyusun mekanisme debet dan kredit seperti berikut:
* Harta = Utang + Modal
* Utang = Harta - Modal
* Modal = Harta - Utang
Untuk yang lebih kompleksnya, persamaan dasar akuntansi juga dapat dirumuskan sebagai berikut:
* Harta + Beban = Utang + Modal + Pendapatan
Berdasarkan persamaan dasar akuntansi di atas, kita dapat menyusun mekanisme debet dan kredit seperti berikut:
Kelompok
|
Bertambah sebelah
|
Berkurang sebelah
|
Saldo normal
|
Harta
|
Debet
|
Kredit
|
Debet
|
Utang
|
Kredit
|
Debet
|
Kredit
|
Modal
|
Kredit
|
Debet
|
Kredit
|
Biaya
|
Debet
|
Kredit
|
Debet
|
Pendapatan
|
Kredit
|
Debet
|
Kredit
|
III.
Pengertian
aktiva, kewajiban dan ekuitas
a. Harta
atau aktiva (Assets)
1.
Harta lancer ( current
assets )
·
Kas (cash )
·
Surat berharga
(arketable securities )
·
Piutang dagang (
accounts receivable )
·
Piutang wesel (note
receivable )
·
Piutang pendapatan atau
pendapatan yang belum di terima ( accrued receivable)
·
Persekot beban atau
beban yang dibayar di muka ( prepaid exspense )
·
Perlengkapan ( supplies
)
·
Persedian barang dagang
( werchandise inventory)
2.
Investasi jangka
panjang ( long term investment )
3.
Harta tetap berwujud (
fixed assets )
·
Tanah
·
Gedung/ bangunan
·
Mesin
·
Peralatan took
·
Alat angkut
4.
Harta tak berwujud (
intangible fixed assets )
·
Goodwill
·
Hakpaten
·
Hak cipta
·
Merek dagang
·
Hak sewa
·
franchise
b. Utang
atau kewajiban ( liabilities )
1. Utang
lancer (current liabilities )
·
Utang dagang/utang
usaha ( account payable )
·
Utang wesel/wesel bayar
( notes payable )
·
Utang
pendapatan/pendapatan yang di terima di muka ( unearned revenue )
·
Utang beban ( accrued
expense )
2. Utang
jangka panjang ( long term liabilities )
·
Utang hipotek (
mortgage payable )
·
Utang onbligasi ( bonds
pyable )
·
Kredit investasi
3. Utang
lain- lain
IV.
Pencatatan
transaksi kedalam persamaan akuntansi
Nilai karakter
·
Kerja sama
·
Menghargai pendapat
oorang lain
·
Percaya diri
Kewirausahaan
·
Kerja keras
·
Tanggung jawab
·
Disiplin
·
Kerja sama
·
Ulet
·
Rasa ingin tahu
VIII.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya
jawab
3. Pemberian
tugas
4. Diskusi
IX.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan ke
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal
Persiapan :
1. Memperhatikan
kerapian dan ke bersihan kelas
2. Berdo”a
dan absensi
Prasarat :
Guru menjelaskan bahwa materi
ini merkaitan dengan pemahaman siswa untuk mengetahui dasar-dasar akuntansi.
Apersepsi :
Guru memberikan pertanyaan
mengenai akuntasi berdasarkan pemahaman siswa.
Motivasi :
1. Guru
menggali wawasan siswa tentang mendeskrifsikan pengertian akuntansi
2. Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan
inti
Eksplorasi
·
Dengan memberikan beberapa istilah
dalam akuntansi siswa dapat menjelaskan pengertian akuntansi.
Elaborasi
·
Guru meminta siswa belajar mandiri
melalui diskusi kelompok kecil.
·
Masing-masing kelompok sisa
mendiskusikan tentang pengertian akuntansi.
·
Masing-masing kelompok
mempersentasikan hasil diskusi tentang pengertian akuntansi.
Komfirmasi
·
Guru memberikan beberapa pertanyaan
tenang spesialisasi dalam akuntansi.
·
Siswa menanggapi pertanyaan yang di
berikan.
·
Guru memberikan penilaian pada
kelompok dan siswa secara individu.
Kegiatan
penutup
1. Guru
besama dengan siswa merangkum materi yang telah di pelajari.
2. Guru
memberikan tugas yang mengenai sejarah perkembangan akuntasi.
3. Guru
memberikan informasi kepada siswa tentang rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
|
5 menit
5 menit
5 menit
|
X.
Alat/Bahan/Sumber
belajar
a.
Alat
belajar
1. Papan
tulis dan perlengkapannya.
2. Buku
catatan dan alat tulis bagsiswa.
3. Leptop
serta perlengkapan,LCD proyector/in vocus, scanner.
b.
Bahan
belajar
1. Modul
2. Lembar
kerja siswa menyelesaikan persamaan dasar akuntansi
c.
Sumber
belajar
1. Akuntansi
1A untuk SMK, penerbit Erlangga.
2. Siklus
akuntansi, penerbit Tiga serangkai.
3. Siklus
akuntansi untuk tingat 1 SMK, penerbit Yudistira.
XI.
Penilaian
a.
Jenisw
penilaian
1. Tertulis
Hasil diskusi yang di lakukan siswa
mengenai,keaktifan,kreatif, bahasa yang digunakan dan cara mengemukakan
pendapat.
2. Observasi
Juga sudah melampirkan pada
lembaran checklist dengan komponen penilaiannya sekali.
b.
Tabel
penilaian
PENILAIAN AFEKTIF
NO
|
NAMA SISWA
|
PARTISIPASI
|
MOTIVASI
|
KERJASAMA
|
INISIATIF
|
Penilaian diisi dengan :
1 = Sangat kurang 2 = Kurang 3
= Sedang 4 = Baik 5 = Sangat baik
NO
|
INDIKATOR PENILAIAN
|
SKOR
|
1
|
Pengertian
persamaan dasar akunansi
|
5
|
2
|
Unsur-unsur
persamaan akunansi
|
15
|
3
|
Pengertian
hatra atau akiva
|
5
|
4
|
Pengertian
utang atau kewajiban
|
5
|
5
|
Pengertian
ekuitas atau modal
|
15
|
6
|
Pengaruh
transaksi terhadap persamaan dasar akuntansi
|
5
|
7
|
Penyusunan
laporan keuangan berdasarkan persamaan dasar akunansi
|
5
|
8
|
Pencaatan
transaksi kedalam persamaan dassar akuntansi
|
40
|
TOTAL SKOR
|
100
|
Arti tingkat penguasaaan yang di
capai siswa :
90 – 100 = Baik sekali
80 – 90 = Baik
70 – 79 = Cukup
<70 span="" style="mso-tab-count: 1;"> 70>= Kurang
Apabila tingkat penguasaan mencapai
70 ke atas siwa dapat meneruskan dengan materi selanjutnya,tapi bila tigkat
penguasaan siswa masih di bawah 70 siswa
harus mengulangi kegiatan belajar tersebut ( Remedial).
PENILAIAN PSIKOMOTOR
NO
|
Uraian
|
Nilai
|
1
|
Persiapan
a.
Mempersiap kan bahan sesuai dengan
kebutuhan
b.
Menyediakan peralatan sesuai kebutuhan
|
5
5
|
2
|
Proses
a.
Mendeskripsikan pengertian akuntasi
b.
Mendeskripsikan spesialisasi dalam
akuntansi
c.
Mendeskripsikan jabatan dalam bidang
akuntansi
d.
Mendeskripsikan pihak-pihak yang
membutukan informasi akuntaansi
|
5
15
15
20
|
3
|
Haasil
a.
Criteria hasil kerja
|
30
|
4
|
Siakap kerja
a.
Keterbacaan,kerapian dan keberhasilan
|
5
|
Jumlah
|
100
|
Mengetahui, Pekanbaru, Juli 2012
Guru Pembimbing
SMK Nurul Falah Pekanbaru Guru PPL
YUMELDA SAFITRI,S.Pd ROBIN SUGARA HRP
Kepala Sekolah
SMK Nurul Falah Pekanbaru
YAYUK SUSTINAH, S.Pd
NIP. 19600401 1981032003
0 komentar:
Posting Komentar