Jumat, 18 Juni 2010

8 KARAKTERISTIK TEMAN


Selama bertahun-tahun, saya mengamati orang-orang yang menjadi teman sejati dan orang-orang yang mengaku menjadi teman. Saya benar-benar percaya pepatah lama yang mengatakan bahwa Anda dapat menghitung teman sejati pada satu tangan. Jadi, Anda mungkin akan bertanya apa yang membuat seseorang teman sejati. Saya telah mengidentifikasi delapan karakteristik saya atas apa yang saya rasakan untuk menilai orang merupakan teman sejati, atau apa yang saya rasakan saya paling dibutuhkan dalam sebuah persahabatan. Dalam mengamati hubungan Anda dengan orang lain, apakah mereka adalah anggota keluarga, teman sekolah, atau rekan kerja, berapa banyak dari mereka adalah teman sejati? Berikut beberapa penilain yang dapat dilakukan terhadap seorang teman merupakan teman sejati atau bukan:

1. Teman yang mendengarkan. Ketika kita bercerita, maka teman yang mendengarkan akan memberikan umpan balik, tidak diabaikan.

2. Teman tidak menghakimi. Tidak peduli apa yang telah Anda lakukan atau apa yang Anda lakukan, teman-teman dapat mengungkapkan perasaan mereka atau menawarkan perspektif mereka, tetapi mereka tidak berusaha untuk membuat semua jenis penilaian. Lagi pula, mereka tidak dalam sepatu Anda sehingga tidak tahu apa yang sedang Anda lakukan setiap saatnya.

3. Teman tidak merugikan Anda. Mereka tidak akan meremehkan, atau bersumpah atau berteriak pada Anda. Mereka tidak suka melawan; mereka lebih suka berdiskusi dan bekerja melalui isu-isu dan situasi sulit. Mereka tidak memukul Anda. Pelecehan bukanlah cinta, tetapi merupakan bentuk kontrol. Teman jangan mencoba untuk mengontrol satu sama lain.


4. Teman-teman di sana untuk Anda. Apakah Anda sedang bahagia atau sedih, gembira atau kelelahan, teman-teman yang selalu tersedia. Jika Anda perlu untuk berbicara, mereka akan mendengarkan, terlepas dari berapa lama Anda berbicara atau apa waktu hari itu. Jika Anda diam, mereka akan duduk di samping Anda sampai Anda siap untuk berbicara. Apakah mereka pergi dengan Anda untuk berjalan-jalan atau ketika Anda menangis, mereka di sana untuk Anda.

5. Teman menerima Anda untuk siapa Anda. Mereka tidak mencoba membuat Anda jenis orang yang mereka pikir Anda harus, mereka hanya menerima Anda. Mereka menerima Anda apakah Anda sedang mengalami hari baik atau buruk, apakah Anda keras dan ramai atau pemalu dan tenang, apakah Anda selalu lebih awal atau terlambat, apakah anda terorganisir dan bersih atau tidak terorganisir dan rapi, atau apakah Anda mengikuti mode atau lusuh. Teman sejati melihat melampaui hal-hal ini. Mereka hanya menerima Anda untuk siapa Anda, dan mencintai Anda ppula.

6. Teman terlepas dari waktu dan jarak yang memisahkan mereka. Teman sejati bisa pergi tanpa berbicara, tetapi ketika mereka melakukannya, tampaknya seperti kemarin. Tidak peduli siapa panggilan atau yang disebut yang terakhir, mereka hanya senang mendengar dari satu sama lain. Waktu dan jarak tidak dapat memisahkan teman sejati.


7. Teman mengerti bahwa persahabatan adalah dua arah. Ketika seorang teman memiliki hari yang buruk, yang lain akan mendengarkan, mengetahui bahwa ketika mereka mengalami hari yang buruk, teman mereka akan ada di sana untuk mereka. Teman mendengarkan satu sama lain, berbagi ide dan cerita, bertukar pikiran, dan memecahkan masalah bersama-sama. Hubungan mereka tidak satu sisi; mereka berdua memberi dan menerima.


8. Teman menikmati satu sama lain. Ketika anda bersama dengan seorang sahabat sejati, waktu berlalu cepat. Anda tertawa, berbagi cerita dan pengalaman, melakukan hal-hal bersama-sama, dan suka bersama-sama. Teman adalah orang-orang favorit Anda dalam bergaul, seperti yang Anda benar-benar menyukai mereka sebagai manusia. Mereka merasakan dan menyenangkan, tidak membosankan.

Setelah membaca karakteristik di atas, berapa banyak di antaranya penting bagi Anda dalam hubungan Anda? Apakah ada karakteristik lain yang Anda inginkan atau butuhkan dalam persahabatan? Apa pun yang Anda inginkan atau butuhkan sebagian besar, membuat daftar ciri-ciri dan melihat berapa banyak "teman" memilikinya. Dalam melakukan latihan ini, Anda mungkin menemukan bahwa Anda puas dengan teman-teman Anda saat ini atau Anda dapat menilai kembali apa persahabatan sejati. Setiap anda, berhak mendapatkan teman-teman yang mendengarkan, tidak menghakimi, tidakmerugikan Anda, apakah ada untuk Anda, jangan biarkan waktu dan jarak berdiri di jalan, memahami bahwa persahabatan adalah dua arah jalan, dan menimati anda sebagai seorang teman.

Mungkin masih banyak karakteristik teman sejati dan mungkin menurut anda, bagaimana anda? Silakan di share ^_^

0 komentar: